Kemenperin: Hanya Sektor Tekstil tak Lagi Ekspansif

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 27 Jun 2024 19:26 WIB

Kemenperin: Hanya Sektor Tekstil tak Lagi Ekspansif

SURABAYAPAGI, Jakarta - Kementerian Perindustrian menyatakan Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada Juni 2024 yang didapat dari analisa 23 sub sektor industri, tetap berada pada posisi ekspansif yakni di angka 52,50 poin, dengan catatan adanya pelemahan di satu sektor yakni tekstil dan produk tekstil (TPT).

Nilai indeks tersebut sama dengan angka IKI pada bulan lalu, namun melambat 1,43 poin secara tahunan (year on year/yoy).

Baca Juga: Upaya Persatukan Industri ke dalam Bentuk Kawasan

"Dari 23 subsektor hanya satu yang kontraksi yakni tekstil karena di bawah 50," kata Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arief dikonfirmasi usai konferensi pers rilis IKI Juni di Jakarta, Kamis (27/6).

Baca Juga: Kemenperin Beri Solusi TPT dari Relaksasi Impor

Dirinya mengatakan adanya penurunan kontribusi sektor TPT terhadap IKI Juni yakni karena masifnya barang impor yang masuk ke pasar domestik. Sehingga hal tersebut membuat sektor tekstil tak lagi ekspansif dibanding dua bulan yang lalu.

Dirinya menjelaskan, kontribusi subsektor yang mengalami ekspansi memberikan kontribusi sebesar 98,6 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) pengolahan nonmigas triwulan I 2024, dengan ekspansi tertinggi dialami oleh industri pakaian jadi, industri kulit, barang dari kulit dan alas kaki, serta alat angkutan lainnya.

Baca Juga: Kemenperin: Pengaturan Impor Perlu Penyesuaian untuk Mendongkrak

Apabila dilihat dari variabel pembentuk IKI, terdapat peningkatan nilai IKI variabel pesanan baru yaitu sebesar 1,62 poin, sehingga nilai indeks pada variabel ini mengalami peningkatan menjadi 54,78. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU