Selecta Terapkan Program Wisata Bebas Sampah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Jul 2024 19:42 WIB

Selecta Terapkan Program Wisata Bebas Sampah

SURABAYAPAGI.COM, Batu - PT Selecta secara resmi menerapkan program wisata bebas sampah dan memberikan edukasi tentang pengelolaan sampah. Program Zero Waste ini diresmikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Hariyanto, saat peluncuran yang berlangsung pada hari ini, Selasa (2/7/2024).

Dirut PT Selecta, Sujud Hariyadi, menyebut jumlah sampah organik dan non-organik di wilayahnya mencapai puluhan ton setiap bulan. Selama bertahun-tahun, pihaknya menggandeng DLH Kota Batu untuk mengelola pembuangan sampah dari taman rekreasi, hotel, dan restoran ke TPA, tapi menimbulkan beberapa kontroversi terkait tempat pembuangan sampah di Tlekung.

Baca Juga: PHRI: Ekonomi Lesu jadi Penyebabnya

"Berdasarkan polemik yang terjadi di TPA Tlekung, Selecta memutuskan untuk mulai melakukan pemilahan sampah. Sampah organik diolah menjadi pupuk kompos atau pupuk organik lainnya, sedangkan sampah non-organik diambil oleh Desa Tulungrejo untuk diolah lebih lanjut," ucapnya.

Langkah ini, kata Sujud, diharapkan dapat membantu mengurangi dampak negatif dari jumlah sampah yang dihasilkan PT Selecta, serta memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekitar.

Dengan menerapkan program wisata bebas sampah yang pertama di Indonesia, ia menyatakan PT Selecta memperlihatkan komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan dan memperbaiki sistem pengelolaan sampah.

Baca Juga: Pj Wali Kota Batu Berharap Kopi Jadi Produk Unggulan

"Langkah ini juga sejalan dengan upaya global untuk mengurangi jumlah sampah yang berakhir di lingkungan dan mendukung pembangunan berkelanjutan," tuturnya.

Sedangkan menurut Hariyanto, program Zero Waste yang pertama di Indonesia dan diterapkan PT Selecta tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar, namun juga memberikan contoh yang baik bagi perusahaan pariwisata lainnya.

"Keterlibatan perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan merupakan langkah positif dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan," paparnya.

Baca Juga: Tekan Inflasi dan Jaga Harga Bapok, Pemkot Batu Gencar Tanam Bibit Cabai

Dengan adanya program wisata bebas sampah ini, ia berharap PT Selecta dan pihak terkait dapat terus mengembangkan inovasi dalam pengelolaan sampah serta memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

"Semoga langkah yang diambil PT Selecta dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk turut berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan dan mendukung pembangunan berkelanjutan," ujarnya. Bt-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU