Home / Ekonomi dan Bisnis : Kunjungan Wisata di Kota Batu saat Libur Sekolah Naik, tapi Menurun dari Tahun Sebelumnya

PHRI: Ekonomi Lesu jadi Penyebabnya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 10 Jul 2024 18:51 WIB

PHRI: Ekonomi Lesu jadi Penyebabnya

SURABAYAPAGI.COM, Batu - Angka kunjungan wisata di Kota Batu pada momen libur sekolah Juli 2024 meningkat. Namun, peningkatan angka kunjungan tersebut dinilai lebih rendah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu Sujud Hariadi menilai, tren penurunan angka kunjungan wisata ini dipengaruhi faktor lesunya tingkat perekonomian.

Baca Juga: Pj Wali Kota Batu Berharap Kopi Jadi Produk Unggulan

Selain itu banyaknya destinasi wisata alternatif di berbagai daerah.

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Selecta itu mencontohkan sama halnya yang dialami Taman Rekreasi Selecta. Pihaknya mencatat tren penurunan terjadi mencapai sekitar 20% dibanding 2023 lalu.

Tren penurunan juga terjadi pada momen hari libur lebaran dan lain-lain.

Baca Juga: Tekan Inflasi dan Jaga Harga Bapok, Pemkot Batu Gencar Tanam Bibit Cabai

"Memang ada peningkatan, tapi kalau dibanding tahun-tahun sebelumnya, jatuhnya ada gejala penurunan. Seharusnya di masa liburan sekolah itu kunjungannya membeludak," ujar Sujud kepada wartawan, Rabu (10/7/2024).

Ia menerangkan, rata-rata kunjungan ke Selecta dalam sehari mencapai sekitar 2.500 orang. Angka itu lebih rendah jika dibandingkan dengan bulan Juni-Juli tahun lalu.

Baca Juga: Selecta Terapkan Program Wisata Bebas Sampah

Padahal liburan sekolah sebelumnya mencapai 3.000 orang.

"Mungkin juga ada pilihan wisata lain, tidak hanya di Kota Batu. Di tingkat nasional juga terlihat daya beli mulai menurun. Artinya memang ekonomi sedikit lesu. Ini yang membuat kunjungan wisata menurun," tandasnya. Bt-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU