Dinkes dan Dishub Kota Malang Kolaborasi Ciptakan Terminal Sehat

Salah satu fasilitas ruang kesehatan di kawasan Terminal Madyopuro untuk menunjang sebagai Terminal Sehat di Kota Malang. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Malang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang yang menaungi terkait keberadaan terminal untuk memberikan fasilitas dan pembinaan pelayanan di terminal di Kota Malang. Hal tersebut untuk menciptakan angkutan menjadi terminal yang sehat.

Berbagai fasilitas penunjang seperti ruang kesehatan, ruang laktasi telah tersedia untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung di area terminal pun terhadap supir angkot dan pengelola. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Sri Winarni mengatakan program ini sebagai suatu upaya agar setiap terminal di Kota Malang bisa menerapkan protokol kesehatan dan menjamin kesehatan di lima pilar.

"Lima pilar ini pengunjung, penumpang, pengemudi, pengelola, serta pelaku usaha yang ada di sini itu terjamin kesehatannya. Lalu kita fasilitasi juga dengan menyediakan ruang laktasi bagi ibu dan anak," jelasnya, Selasa (22/9/2020).

Di samping adanya pemantauan juga nantinya cara ini juga akan menyasar ke terminal-terminal lain yang ada di Kota Malang. Pihak pengelola, nantinya akan diberikan pelatihan khusus agar mampu menciptakan kondisi terminal sehat, aman dan nyaman.

"Terus menerus kami melakukan pemantauan, di sini (Terminal Madyopuro) ini masih rintisan. Nanti akan kita kembangkan, kita bentuk UKK (Upaya Kesehatan Kerja) yang ada di sini, nanti kita latih untuk ikut memberikan kontribusi terhadap keberadaan terminal yang sehat," imbuhnya. 

Lebih jauh, sistem pengawasan yang dilakukan petugas dari Dinkes Kota Malang, maka diharapkan sanitasi kesehatan di area terminal lebih terjamin dan nyaman bagi penggunanya.

"Yang pasti kita lakukan pengawasannya terkait dengan kebersihan dan kesehatan. Sehingga kalau ini dijalankan maka sanitasi kesehatannya ini terjamin. Mereka yang beraktivitas di sini juga akan terjamin kesehatannya," tandasnya. Dsy19