Pelajar SMKN 1 Sooko Ciptakan Fashion Khas Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 10 Feb 2021 13:26 WIB

Pelajar SMKN 1 Sooko Ciptakan Fashion Khas Pandemi

i

Pertunjukan fashion show out door hasil karya siswi SMKN 1 Sooko, Kabupaten Mojokerto. SP/Dwy Agus Susanti

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto - Pandemi Covid -19 yang tak kunjung berakhir memacu kreativitas pelajar SMKN 1 Sooko Mojokerto untuk menciptakan fashion anti corona.

Para siswi jurusan tata busana ini mendesain dan menjahit sendiri busana street wear lengkap dengan maskernya dari bahan kain batik khas Mojokerto yang fashionable dan layak dikenakan di era pandemi.

Baca Juga: Dorong Daya Beli Masyarakat, Kejaksaan dan Pemkot Mojokerto Sinergi Gelar Bazar Sembako Murah

Bahkan puluhan desain hasil karya mereka juga dipamerkan dan diperagakan sendiri bak fashion show oleh para siswi di pelataran sekolah.

Nur Laili Rachmawati (18), siswi kelas XII SMKN Sooko, Kabupaten Mojokerto mengatakan ada 32 model busana yang ditampilkan dalam fashion show out door kali ini.

"Setiap siswi kelas 12, di beri tantangan untuk mendesain dan menjahit sendiri baju bertema valentine dan imlek yang cocok dengan era pandemi," ujarnya usai pagelaran Fashion Show, Rabu (10/2/2021) pagi.

Pelajar asal Desa Wuluh, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang ini menyebut desain baju tersebut sebagai bagian dari Uji Kompetensi Keahlian (UKK) siswa yang menjadi syarat untuk kelulusan sekolah.

"Kita hanya diberi bahan kain batik dari sekolah, sedangkan desain, pola, cutting dan jahit kita kerjakan sendiri berdasar kreativitas masing-masing dan arahan dari desainer QMR juga guru yang mendampingi," tegasnya.

Baca Juga: Terciduk Edarkan Pil Double L 1.600 Butir, Dua Pemuda di Mojokerto Berhasil Diamankan

Laili juga menyebut, para siswi hanya diberi waktu selama tiga hari untuk dikerjakan di sekolah. Ini untuk menciptakan otentitas hasil karya tanpa intervensi di luar siswa dan sekolah.

"Semua dikerjakan di dalam sekolah, tidak boleh di bawa pulang. Kita diberi waktu 18 jam yang dibagi dalam tiga hari," pungkasnya.

Terpisah, Plt Kepala Sekolah SMKN 1 Sooko, Muharto mengatakan, UKK ini sebagai media trial unjuk ketrampilan bagi siswi jurusan tata busana. Harapannya, saat lulus nanti, para siswa ini sudah siap menghadapi dunia kerja.

Baca Juga: Pasar Takjil Ketidur, Upaya Pj Wali Kota Ali Kuncoro Promosikan Aneka Kuliner Kota Mojokerto

"Kita all out membekali ketrampilan ke mereka, selain dipandu oleh guru senior, mereka juga didampingi langsung oleh desiner yang sudah malang melintang di dunia fashion," ungkapnya.

Kepsek Dlanggu ini juga menyebut, jika karya dari anak didiknya ini akan dipamerkan di Royal Plaza Surabaya hari Minggu besok.

"Baju desain anak-anak ini renacananya akan diperagakan oleh para model berskala nasional di Mall Surabaya," bangganya. Dwy

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU