Catat! Ini Deretan Buah yang Mengandung Vitamin C

surabayapagi.com

SURABAYAPAGI.COM : Vitamin C adalah salah satu vitamin yang penting dan sangat dibutuhkan tubuh. Fungsi utama vitamin C adalah mendukung pertumbuhan dan perbaikan, meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga Kesehatan kulit. Zat gizi bernama lain asam askorbat ini juga membantu mencegah anemia defisiensi dengan cara meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.

Sebagai antioksidan, vitamin C juga melindungi berbagai sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Mengingat fungsinya yang sangat penting, tidak mengherankan jika tubuh anda membutuhkan asupan vitamin C dari makanan. Sumber vitamin terbaik, salah satunya, adalah buah-buahan. Berikut ini beberapa daftar buah yang mengandung vitamin C paling tinggi.

Daftar Buah yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

1.    Jambu Biji

Jika anda mencari buah dari Segar Kumala Indonesia yang mengandung vitamin C, jambu biji pasti ada di deretan teratas. Satu buah jambu biji ukuran sedang mengandung lebih dari 200 miligram asam askorbat, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah yang ada pada jeruk. Selain vitamin C, jambu biji juga kaya dengan serat. Berdasarkan hasil penelitian, zat gizi bermanfaat dalam jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah serta kolesterol.

2.    Pepaya

Papaya biasanya dikenal sebagai buah untuk memperlancar BAB. Namun tahukah anda bahwa buah berwarna cerah ini juga kaya dengan vitamin C? kandungan vitamin C pada setengah buah papaya adalah sebesar 94 miligram, sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk.

Buah papaya juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B kompleks (khususnya vitamin B6, B2, dan B1), kalium dan kalsium. Berkat kandungan ini, papaya bisa membantu metabolism tubuh, mengontrol tekanan darah serta menjaga Kesehatan mata.

3.    Kiwi

Buah lain dari fruit importer yang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi adalah kiwi. Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 64 miligram atau setara dengan 71% kebutuhan orang dewasa dalam sehari. Kiwi juga mengandung vitamin A, E, K serta berbagai jenis mineral. Yang lebih unik lagi, buah dengan kulit berbulu ini mengandung asam lemak omega-3, zat gizi yang biasanya ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon.

4.    Jeruk

Sebagai buah yang dikenal bisa melawan penyakit, kandungan gizi jeruk memang bukan main-main. Satu buah jeruk yang berukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 82,7 miligram. Jumlah ini bisa mencukupi 91% kebutuhan orang dewasa dalam satu hari. Jeruk juga mengandung banyak vitamin dan mineral, khususnya vitamin B1, B9 (folat) dan kalium. Dengan konsumsi jeruk, tubuh anda bisa mendapatkan antioksidan berupa fenol dan likopen.

5.    Strawberry

Setengah gelas (125 gram) strawberry mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk namun ini sama sekali tidak mengurangi manfaat strawberry bagi Kesehatan. Selain mengandung vitamin C, strawberry juga termasuk buah yang kaya akan antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan pada strawberry mungkin berpotensi menurunkan resiko kanker dan penyakit saraf serta memperlambat penuaan.

6.    Nanas

Jika anda mulai bosan dengan jeruk buah import berkualitas, anda bisa menggantinya dengan nanas. Cukup dengan mengkonsumsi satu potong besar nanas, anda bisa mendapatkan 79,3 miligram vitamin C. jumlah ini bisa memenuhi 88% kebutuhan vitamin C anda dalam satu hari. Nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. Bromelain adalah enzim pencernaan yang membantu mencegah protein dalam makanan serta mengurangi kembung. Enzim ini juga dapat menjadi zat antiradang.

7.    Mangga

Sekalipun tidak sebanyak buah-buahan lain yang sudah disebutkan, kandungan vitamin C pada mangga tetap harus diperhitungkan. Mengkonsumsi setengah buah mangga dapat memberikan asupan vitamin C sebesar 60 miligram atau setara 66% kebutuhan harian. Mangga juga kaya dengan serat dan fitokimia seperti karoteinoid dan polifenol. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa senyawa antioksidan polifenol yang ada dalam buah mangga berpotensi menurunkan resiko kanker payudara dan kanker usus besar.

8.    Blackcurrant

Biasanya blackcurrant dikenal sebagai rasa minuman. Padahal blacksurrant segar mengandung vitamin yang cukup tinggi yaitu 101 miligram dalam setiap satu cangkir buah (56 gram). Buah ini juga mengandung senyawa yang disebut antosianin. Antosianin adalah pigmen pemberi warna gelap pada blackcurrant sekaligus antioksidan yang berpotensi menurunkan resiko berbagai penyakit kronis seperti jantung dan kanker.

9.    Lemon

Kemiripan lemon dan buah jeruk tidak terbatas pada rasanya saja namun juga kandungan vitamin C-nya. Lemon utuh lengkap dengan kulitnya mengandung 83 miligram vitamin C atau setara dengan 92% kebutuhan orang dewasa dalam satu hari. Seperti buah-buahan sitrus lainnya, lemon juga mengandung antioksidan, serat dan zat fitokimia. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ketiga zat tersebut bisa memelihara Kesehatan serta menurunkan resiko penyakit jantung.

Banyak orang memilih meminum suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin C-nya. Padahal salah satu cara yang paling mudah untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini adalah dengan mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C.

FAQ

Apakah fungsi vitamin C bagi tubuh?

-Manfaat konsumsi vitamin C juga dipercaya bisa membantu merawat kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi. Dan juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga bisa mencegah serangan jantung dan stroke. Bukan hanya itu, vitamin C juga dipercaya bisa mencegah katarak dan penyakit empedu.

Apa fungsi vitamin C bagi tubuh dan sebutkan akibat bagi tubuh saat kekurangan vitamin tersebut?

-Vitamin C turut berperan dalam menjaga kesehatan gusi dan gigi. Kekurangan vitamin C akan membuat gigi rentan copot dan gusi mudah berdarah. Bagi orang yang memang sudah memiliki masalah kesehatan gigi dan gusi sebelumnya, gangguan yang terjadi di mulut akibat kekurangan vitamin C bisa lebih parah.

Editor : Redaksi

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru