Dari Gunung Ratu Lamongan, Perkasa Nusantara Deklarasikan Gus Muhaimin Capres 2024

surabayapagi.com
Pegiat Budaya Pewaris Nusantara (Perkasa) se-Kabupaten Lamongan, secara resmi mendeklarasikan mendukung Gus Muhaimin sebagai Capres 2024. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Berbagai dukungan untuk Ketum PKB Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai calon presiden terus mengalir. Kali ini datang dari ratusan Pegiat Budaya Pewaris Nusantara (Perkasa) se-Kabupaten Lamongan.

Perkumpulan para budayawan ini  secara resmi mendeklarasikan dukungannya untuk Gus Muhaimin sebagai calon presiden dalam pemilu 2024 mendatang, di puncak Gunung Ratu, Makam ibunda Patih Gajah Mada di Dusun Cancing, Desa Sendangrejo, Kec. Ngimbang, Lamongan Jawa Timur, pada Rabu (2/2/2022).

Baca juga: Abdul Ghofur Maju Calon Bupati Lamongan, Rekom PKB Otomatis Terkunci...?

Deklarasi dukungan terhadap Muhaimin Iskandar tersebut seperti disampaikan oleh Edi Purwanto koordinator Perkasa, lantaran Gus Muhaimin dinilai memiliki kapasitas dan komitmen dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya di Nusantara.

"Deklarasi ini murni atas inisiatif mandiri dari Perkasa, karena Gus Muhaimin kami anggap mampu untuk mengemban amanah serta punya komitmen untuk mengembangkan warisan budaya di Indonesia," terangnya.

Menurut Edi, dipilihnya lokasi Makam Ibunda Patih Gajah Mada sebagai tonggak awal mendeklarasikan Gus Muhaimin sebagai Capres 2024 ini berdasarkan pertimbangan nilai kesejarahan dan semangat perjuangan yang diserap dari Patih Kerajaan Majapahit, Gajah Mada. 

Baca juga: H Usman Resmi Daftar Sebagai Calon Bupati Sidoarjo

"Deklarasi ini sengaja digelar di sini, agar Nusantara tahu bahwa di sinilah awal mula semangat juang menaklukkan Nusantara pada zaman dahulu dimulai," kata Edi, pria yang akrab disapa Putra Gajah Mada tersebut.

Lebih lanjut, Edi menambahkan, Gus Muhaimin merupakan sosok yang dianggap mampu memperkuat persatuan dan kesatuan Indonesia tanpa membedakan suku, ras dan agama, seperti halnya Patih Gajah Mada yang pernah bersumpah untuk menaklukkan bumi Nusantara dengan sumpah Palapanya.

"Di Makam Dewi Andong Sari yang berada di Puncak Gunung Ratu ini, Gajah Mada sang deklarator sumpah Palapa yang menyatukan bumi Nusantara ini dilahirkan dan dibesarkan. Sehingga kami melakukan napak tilas guna meminta restu pada beliau untuk mengusung calon kami (Gus Muhaimin) pada Pilpres 2024," terangnya.

Baca juga: Daftar ke PKB, Bupati Lamongan Angkut Relawannya Pakai Bus

Diketahui, acara deklarasi dukungan kepada Gus Muhaimin yang digelar Perkasa ini juga dirangkai dengan sejumlah kegiatan, meliputi kegiatan ruwat budaya, doa bersama, dan pemotongan tumpeng. jir

 

Editor : Moch Ilham

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru