Pemkab Malang Anggarkan Penanganan Covid Tiap OPD

surabayapagi.com
Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Malang - Stagnan di Zona Kuning, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang akan berupaya melakukan berbagai cara agar seluruh wilayah Kabupaten Malang segera menuju ke Zona Hijau kategori risiko terkontrol, Jumat (13/11/2020).

Oleh karena itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat akan mengalokasian BTT (Biaya Tak Terduga) yang telah dianggarkan dalam APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) tahun anggaran 2021 sebesar Rp 5 miliar tersebut difokuskan pada penanganan bencana secara keseluruhan. Mengingat wilayah Kabupaten Malang juga rawan dan menyimpan potensi bencana alam. 

"Untuk anggaran tetap kita siapkan. Tapi anggaran itu kita serahkan pada program di masing-masing OPD. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk penanganan Covid-19 maka akan dianggarkan, dan untuk BTT di tahun 2021, akan lebih banyak dialokasikan untuk penanggulangan bencana. Nilainya sebanyak Rp 5 miliar " ungkapnya.

Namun, pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang ini mengatakan bahwa terkait penganggaran penanganan Covid-19 hingga sampai saat ini masih dalam pembahasan dalam Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Malang. 

"Pembahasan pastinya akan kita bahas dengan Banggar di Dewan. Saat ini masih dalam pembahasan. Karena anggaran Covid-19 tidak masuk dalam anggaran BTT," jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Kabupaten Malang, Sodikul Amin mengungkapkan bahwa terkait anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Malang harus tetap dianggarkan dalam APBD Kabupaten Malang tahun anggaran 2021.

"Anggaran masih tetap di tahun 2021. Terkait penanganan Covid-19 harus tetap dianggarkan. Karena fokus kita pada penanganan Covid-19," terangnya.

Upaya-upaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Malang terus gencar dilakukan agar segera memasuki zona hijau Covid-19. Terlebih lagi dalam catatan data Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Malang sudah turun di peringkat ke-10. Dsy14

Editor : Redaksi

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru