Penelitian: Pakai Madu Sebagai Pengganti Gula

author surabayapagi.com

share news
share news

URL berhasil dicopy

share news

SURABAYAPAGI, Surabaya - Sebuah penelitian baru menunjukkan manfaat kesehatan penggunaan madu sebagai pengganti gula. Konsumsi madu mentah dari satu sumber bunga disinyalir dapat meningkatkan kontrol gula darah dan menurunkan kadar kolesterol.

"Hasil ini mengejutkan karena madu mengandung sekitar 80 persen gula," kata peneliti senior dalam studi tersebut, Tauseef Khan, yang merupakan periset di bidang nutrisi dari Fakultas Kedokteran Temerty Universitas Toronto.

Khan menggarisbawahi bahwa penelitiannya tidak menyarankan madu bagi orang yang tengah menghindari gula. Dia dan tim peneliti lebih menyoroti tentang "penggantian". Mengganti gula pasir, sirup, atau pemanis lain dengan madu dapat menurunkan risiko kardio-metabolik.

Khan menjelaskan, madu adalah komposisi kompleks dari gula, asam organik, enzim, protein, asam amino, mineral, vitamin, dan zat bioaktif yang dibuat oleh lebah madu dari nektar bunga. Secara substansi, madu dan gula sama-sama merupakan karbohidrat. 

Madu dan gula sama-sama terbuat dari glukosa dan fruktosa, tetapi masing-masing memiliki profil nutrisi, tekstur, dan rasa yang berbeda. Untuk mendapat hasil perbandingan konsumsi madu dan gula, tim melakukan tinjauan sistematis dan metaanalisis dari 18 uji klinis.

Seluruhnya melibatkan sekitar 1.100 peserta. Dalam penelitian, tim menggabungkan hasil dari semua uji coba konsumsi madu pada peserta manusia serta kaitannya dengan penyakit metabolisme. Madu yang ditinjau terdiri dari beragam jenis dan varian.

Khan menyarankan untuk mendapatkan madu mentah dari peternakan lebah setempat. Madu dari bunga apa pun bisa menawarkan manfaat, seperti yang berasal dari tanaman semanggi serta robinia atau acacia bisa. Akan tetapi, pemrosesan madu harus menjadi perhatian.

Khan lebih menyarankan konsumsi madu mentah yang disaring tanpa dipanaskan. Pemrosesan madu yang melibatkan penyaringan dan proses memanaskan bisa merusak madu, membuat madu kehilangan banyak senyawa bioaktif sehingga akan kehilangan sejumlah efek baik.

Keterbatasan lain dari penelitian adalah kurangnya data dari berbagai varietas madu. "Banyak penelitian menggunakan madu polifloral, yang merupakan madu campuran dan tidak ada yang tahu dari mana asal bunga itu," ujar Khan.

Juru bicara nasional Academy of Nutrition and Dietetics, Emma Laing, berpendapat penelitian yang digagas Khan kuat dari sudut pandang ilmiah, namun butuh lebih banyak penelitian lanjutan. Hlt/mdu

Tag :

Berita Terbaru

Tekan Sampah Plastik ke Laut, Kota Surabaya Jadi Percontohan Program RI-UEA 

Tekan Sampah Plastik ke Laut, Kota Surabaya Jadi Percontohan Program RI-UEA 

Minggu, 14 Jun 2026 10:54 WIB

Minggu, 14 Jun 2026 10:54 WIB

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Sebagai salah satu langkah strategis untuk menekan pencemaran sampah plastik di sungai sebelum bermuara ke laut, Kota Surabaya…

Di Era Gempuran Disrupsi Informasi, Pemkab Lumajang Komitmen Perkuat Literasi Digital

Di Era Gempuran Disrupsi Informasi, Pemkab Lumajang Komitmen Perkuat Literasi Digital

Minggu, 14 Jun 2026 10:47 WIB

Minggu, 14 Jun 2026 10:47 WIB

SURABAYAPAGI.com, Lumajang - Dalam rangka menjaga stabilitas masyarakat di tengah era disrupsi informasi dan meningkatnya kompleksitas ekosistem media digital,…

Jelang Malam 1 Suro, CCTV Kota Madiun Lumpuh Akibat Kebakaran Ruang Server Dishub

Jelang Malam 1 Suro, CCTV Kota Madiun Lumpuh Akibat Kebakaran Ruang Server Dishub

Minggu, 14 Jun 2026 09:47 WIB

Minggu, 14 Jun 2026 09:47 WIB

‎SURABAYAPAGI.COM, Madiun – Menjelang rangkaian kegiatan malam 1 Suro yang identik dengan peningkatan mobilitas masyarakat dan pengamanan wilayah, sistem pem…

Izin Perumahan Ditahan, JPU KPK Ungkap Maidi Minta Rp1,1 Miliar ke Pengembang  ‎

Izin Perumahan Ditahan, JPU KPK Ungkap Maidi Minta Rp1,1 Miliar ke Pengembang ‎

Minggu, 14 Jun 2026 09:46 WIB

Minggu, 14 Jun 2026 09:46 WIB

‎SURABAYAPAGI.COM, ‎Madiun – Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK mengungkap dugaan pemerasan yang dilakukan Wali Kota Madiun nonaktif Maidi terhadap pengembang perum…

Njaris Rahaju. SH.,M. LAP, Salurkan Bantuan Pangan Untuk 603 KPM di Pendopo Kelurahan Celep Sidoarjo

Njaris Rahaju. SH.,M. LAP, Salurkan Bantuan Pangan Untuk 603 KPM di Pendopo Kelurahan Celep Sidoarjo

Minggu, 14 Jun 2026 09:03 WIB

Minggu, 14 Jun 2026 09:03 WIB

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Secara simbolis Njaris Rahaju S. H., M. AP menyalurkan bantuan pangan berupa beras dan minyak goreng dari pemerintah pusat kepada…

Isu AHY di Pusaran MBG, Emil Dardak Pastikan Kader Demokrat Jatim Tidak Percaya

Isu AHY di Pusaran MBG, Emil Dardak Pastikan Kader Demokrat Jatim Tidak Percaya

Sabtu, 13 Jun 2026 20:44 WIB

Sabtu, 13 Jun 2026 20:44 WIB

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Mencuatnya Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di persoalan Program Makan Bergizi Gratis (MBG) membuat kader di Jawa Timur ikut…