Cuaca Ekstrem, Dispendik Surabaya Imbau Tak Berkegiatan Luar Kota

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 23 Feb 2023 20:19 WIB

Cuaca Ekstrem, Dispendik Surabaya Imbau Tak Berkegiatan Luar Kota

SURABAYAPAGI, Surabaya –  Seluruh pihak sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Pendidikan non-formal di Kota Surabaya dihimbau untuk tidak berkegiatan di luar kota dampak cuaca ekstrem.

"Harapan kami tidak keluar kota atau ditunda terlebih dahulu karena ini berisiko untuk anak-anak," kata Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Yusuf Masruh di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, pihaknya telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 400.3/4551/436.7.1/2023 tentang imbauan cuaca ekstrem yang ditujukan kepada Kepala SD, SMP negeri dan swasta, serta Kepala PAUD dan Pendidikan non-formal di Kota Surabaya.

Hal ini merujuk pada informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyampaikan bahwa terdapat beberapa wilayah di Jawa Timur yang mengalami cuaca ekstrem. Sehingga, berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, puting beliung, dan tanah longsor untuk dataran tinggi.

Yusuf mengatakan, hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan para pelajar di Kota Pahlawan. Sebab, akhir-akhir ini juga terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi yang melanda Kota Surabaya.

Dia mengaku, setelah diterbitkan SE mengenai Himbauan Cuaca Ekstrem pada 22 Februari 2023, para tenaga kependidikan di Kota Pahlawan bisa menerima hal tersebut. Bahkan, BPBD Surabaya juga menginformasikan mengenai kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem dan langsung diteruskan ke seluruh sekolah.

"Alhamdulillah, teman-teman bisa menerima. Ada yang konsultasi ke saya juga karena sudah terlanjur membuat jadwal untuk berkegiatan di luar kota. Saya minta untuk ditunda dulu. Imbauan ini berlaku sampai ada informasi lebih lanjut dari BMKG. Kalau cuaca diprediksi sudah membaik, ya, tidak apa-apa," kata dia.

Oleh sebab itu, Yusuf meminta kepada seluruh kepala sekolah setelah kegiatan pembelajaran selesai, dimohon mengimbau peserta didik untuk segera pulang ke rumah. k-2/na

Baca Juga: BMKG: Waspada dan Selalu Mengupdate Informasi Cuaca Ketika akan Melaut

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU