Program 'Rice Cooker' Gratis Dari ESDM Akan Direalisasikan Mulai November 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 14 Nov 2023 11:53 WIB

Program 'Rice Cooker' Gratis Dari ESDM Akan Direalisasikan Mulai November 2023

i

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Program bagi-bagi penanak nasi elektrik (rice cooker) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan direalisasikan mulai November 2023 namun harus melewati beberapa tahapan sebelum dibagikan langsung kepada masyarakat. 

"Ya kita berusaha secepatnya mulai November ini," kata Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga: Kementerian ESDM: Subsidi Konversi Motor Listrik Berlanjut hingga 2025

Diketahui, ESDM menargetkan pendistribusian 500.000 unit rice cooker ke seluruh Indonesia rampung pada akhir Desember 2023. Di dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik (AML) bagi Rumah Tangga, PT PLN dan PT PLN Batam menyampaikan data calon penerima AML yang memenuhi kriteria kepada Kementerian ESDM. 

Kriteria tersebut ialah rumah tangga berdaya 450 VA sampai dengan 1.300 VA, berdomisili di daerah tersedia listrik 24 jam menyala, dan tidak memiliki rice cooker. Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengungkapkan, pengadaan sudah berjalan menggunakan sistem lelang cepat melalui E-Katalog.

"Jadi silakan siap-siap. Kan basisnya nanti tetap kontrak, sekarang, sekarang beberapa sudah kontrak. Kalau sekarang belum kontrak ya enggak bakal selesai. Kan tinggal sebulan lagi ke depan, hampir dua bulanlah," ujarnya. 

Baca Juga: Pemerintah Siapkan 6 Wilayah Tambang untuk Ormas Agama

Di dalam proses lelang, Kementerian ESDM berkoordinasi erat dengan Kementerian Perindustrian yang lebih mengetahui kondisi industri pemasok alat memasak listrik ini, terkhusus mengenai kapasitas dan spesifikasinya.

Kementerian ESDM akan memilih perusahaan yang memenuhi spesifikasi sesuai peraturan, yakni mengantongi Standar Nasional Indonesia (SNI). Kemudian unitnya berukuran 1,8 liter sampai 2,2 liter, dilengkapi stiker bertuliskan "Hibah Kementerian ESDM dan Tidak untuk Diperjualbelikan" yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dilepas. 

Baca Juga: Subsidi Solar Diusulkan hingga Rp 3.000 per Liter

Menurut dia, pengadaan ini akan sepaket dengan pengiriman. Jika unit sudah sampai di penerima, baru kemudian Kementerian ESDM membayar perusahaan yang bersangkutan. 

“Kami masih bekerja keras supaya distribusi 500.000 unit rice cooker di seluruh Indonesia selesai di pertengahan atau akhir Desember 2023. Karena ini kan menggunakan APBN 2023,” ucapnya. jk-04/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU