Adhy Karyono Ajukan Kepala Bapenda Jadi PJ Sekdaprov Jatim

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Selasa, 20 Feb 2024 17:19 WIB

Adhy Karyono Ajukan Kepala Bapenda Jadi PJ Sekdaprov Jatim

i

Apel pagi di kantor Sekdaprov Jatim, Selasa, (20/2/2024). SP/Biro Adpim Pemprov Jatim

SURABAYAPAGI, Surabaya - Penjabat (PJ) Gubernur Jawa Timur (Jatim), Adhy Karyono, telah mengambil langkah strategis untuk memperkuat struktur pemerintahan Jawa Timur. 

Terbaru, Adhy Karyono secara resmi menunjuk Kepala Badan Pendapatan Daerah Jawa Timur (Bapenda), Bobby Soemariyono, sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (PJ Sekdaprov), menggantikan posisinya sendiri.

Baca Juga: Bupati Sidoarjo 'Bolos' Halal Bihalal di Grahadi, Pj Gubernur Jatim Adhy: Lebih Baik Tak Hadir

"Sekarang statusnya masih PLH (pelaksana harian) karena memang SK-nya belum turun. Tetapi Sekda itu PJ," ungkap Adhy Karyono dalam pernyataannya setelah menghadiri apel pagi di kantor Sekdaprov Jatim, Selasa, (20/2/2024).

Adhy juga menjelaskan bahwa proses administratif telah dilakukan dengan mengajukan permohonan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang resmi.

"Mudah-mudahan satu dua hari ini sudah keluar (SK-nya). Supaya tugas-tugas dari sekda itu bisa berjalan," harapnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim: Gus Mudhlor Masih Jabat Bupati Sidoarjo, Tunggu Langkah Tegas KPK

Diketahui, pemilihan Bobby Soemariyono sebagai pengganti Adhy dipengaruhi oleh beberapa pertimbangan yang matang. Salah satunya terkait kemampuan manajerial menjadi faktor utama dalam keputusan tersebut.

"Sulit memilih sebetulnya ya. Tetapi sudah kita hitung semua ya. Seorang sekda yang penting manajerialnya. Kedua itu (sudah) senior," terang pria kelahiran Cirebon 52 tahun lalu ini. 

Selain itu, pertimbangan lain adalah kemampuan untuk berkoordinasi dengan baik dengan berbagai unsur, termasuk forkopimda dan legislatif.

Baca Juga: Bupati Sidoarjo Tersangka Kasus Korupsi, Pj Gubernur Jatim Beri Tanggapan Tegas

"Itu Pak Bobby sudah terbiasa dengan mereka. Intinya tugas Sekdaprov itu mengkoordinasikan program, anggaran, dan SDM untuk bisa bekerja," jelas Adhy.

Kendati demikian, dengan pengangkatan Bobby Soemariyono sebagai Penjabat Sekdaprov, diharapkan akan terjadi kelancaran dalam pengelolaan administrasi pemerintahan provinsi Jawa Timur serta peningkatan efektivitas dalam implementasi program-program pembangunan yang telah direncanakan. Ain

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU