Kandang Ayam Ludes Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

author Lestariyono Blitar

- Pewarta

Sabtu, 20 Apr 2024 15:39 WIB

Kandang Ayam Ludes Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

i

Kandang ayam milik warga terbakar. SP/Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Warga dusun Sumberwungu Kel/Kec Nglegok Kabupaten Blitar, semalam (Sabtu dini hari) 20 April 2024 dikejutkan terbakarnya kandang ayam milik Sugianto (61). Kandang ayam berukuran 8x21 meter itu ludes terbakar, termasuk 3000 anak ayam ludes tak bersisa.

Kejadian itu dibenarkan Kapolsek Nglegok Iptu Nur Budi Santoso melalui Kasi Humas Polres Blitar Kota Iptu Samsul Anwar pada wartawan tadi siang, menurut Iptu Samsul dugaan sementara kebakaran itu berawal dari pemanas suhu udara untuk anak ayam dengan gunakan kompor Gas LPG.

Baca Juga: Dalam Rangka HUT Lemhanas ke 59, Gubenur Lemhanas Ziarah di Makam Bung Karno

"Benar kejadian itu terjadi pada Sabtu dini hari tadi (20 April 2024) awal mula beberapa warga yang tugas pos kamling, melihat kobaran api di kandang ayam tersebut, salah satu warga memberitahukan pemilik kandang pak Sugiyanto, sekaligus warga berusaha padamkan api dengan peralatan seadanya, dan kejadian itu dilaporkan ke Polsèk Nglegok, sekaligus menghubungi pihak Damkar Kabupaten Blitar." Kata Iptu Samsul.

Baca Juga: Tandai Awal Musim Giling Tebu, PT RMI Gelar Ritual Pertemuan Temanten Tebu Lanang dan Wadon

Dalam keterangan beberapa saksi, kebakaran kandang ayam itu begitu cepat menjalar, sempat Sugiyanto menghubungi Afida 22 anaknya yang tak jauh dari rumahnya, dengan cepat anaknya menggunakan diesel untuk padamkan api, karena api begitu besar api sulit di halau, dan beberapa saat pihak Damkar Kab Blitar dengan dua mobil pemadam dengan cepat melakukan pemadamanan kobaran api.

"Api dapat dipadamkan sekitar satu jam, selanjutnya guna membersihkan puing puing kebakaran pihak Damkar lakukan pembasahan di seluruh area kebakaran, antisipasi letupan api susulan, menurut keterangan Sugiyanto seluruh anak ayam ikut terbakar sebanyak 3000 ekor yang masih berusia 4 atau 5 hari, kini kita madih lakukan pemeriksaan pemilik kandang dan saksi saksi, syukur alhamdulillah tidak ada korban jiwa atau luka, kerugian atas kebakaran iti termasuk kandang dan anak ayam menurut keterangan saksi sekitar 130 juta rupiah." Iptu Samsul menambahkan keteranganya.

Baca Juga: Pria 56 Tahun Ditemukan Tewas di Atas Rel KA

"Kami datang kondisi kandang terbakar hebat, dengan cepat kita melakukan pemadaman dengan dua mobil Damkar, sekitar 50 menit api bisa dijinakkan (padam) selanjutnya kita lakukan pembasahan puing puing seluruh area kandang " Ujar Kasi Pembakaran dan Penyelamatan Damkar Kab Blitar. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU