Organisasi Perempuan Lamongan Miliki Peran Utama dalam Pembangunan Keluarga

author Muhajirrin

- Pewarta

Minggu, 05 Mei 2024 16:58 WIB

Organisasi Perempuan Lamongan Miliki Peran Utama dalam Pembangunan Keluarga

i

Bupati dan istri saat menghadiri halal bi halal yang digelar oleh PKK Kab Lamongan. SP/MUHAJIRIN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Perempuan memiliki peran penting dalam pembangunan keluarga, terlebih keluarga merupakan bagian terpenting dalam membentuk kualitas sumber daya manusia.

Hal itu disampaikan oleh Yuhronur Efendi bupati Lamongan, dalam rangka halal bi halal dan peringatan Hari Kartini 2024 oleh Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lamongan pada", Jumat (3/5) di Aula Gadjah Mada Pemkab Lt.7.

Baca Juga: DPRD Lamongan Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota Keuangan Raperda LPJ APBD 2023 oleh Bupati

Disebutkannya, perempuan memiliki peran penting dalam pembangunan keluarga dan ketahanan keluarga. Karena dengan keberhasilan pembangunan keluarga dipastikan akan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Apalagi lanjutnya, era transformasi digital saat ini perempuan memiliki tantangan. Terutama bagi seorang ibu dalam menyiapkan generasi emas tahun 2045, yakni memberikan pola asuh dengan keseimbangan pikiran dan akhlak.

"Hidup dalam era kemajuan, sebagai perempuan harus berkapasitas dalam pola asuh anak. Karena sumber daya berkualitas tidak hanya diukur dari sisi pikiran/akademi saja, melainkan juga dari akhlak yang dimiliki," kata bupati.

Baca Juga: Peringati Harkitnas, Bupati Lamongan Ingatkan Pentingnya Teknologi sebagai Solusi

Sementara itu, Anis Kartika Yuhronur Efendi ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan dalam sambutannya mengatakan, perempuan diwajibkan mampu menempatkan peran. Atau saat ini biasa dikenal dengan multiperan, agar dapat berlaku profesional dalam menjalankan tugas rumah tangga serta pekerjaan profesinya. Selain itu juga agar tetap menjaga marwahnya sebagai seorang perempuan.

"Menjadi perempuan yang profesional dalam pekerjaan rumah dan profesi itu harus diimbangi dengan perspektif mampu menempatkan diri agar tetap berada pada marwah kita sebagai perempuan. Yang dimaksud ialah tidak merendahkan peran suami dan sebagainya, karena kesuksesan perempuan tidak luput dari dukungan dan profesionalitas suami," terang Anis.

Baca Juga: Ring Road Lamongan Sepanjang 6,9 Km, Dongkrak Kemajuan Ekonomi

Hadir sebagai narasumber Wakil Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur Hikmah Bafaqih meminta kepada seluruh organisasi perempuan Lamongan yang hadir untuk menjadi leader perempuan yang bijaksana. 

Bijaksana yang dimaksud ialah mampu mengambil tindakan, posisi, dan batasan. Karena dengan bijaksana tersebut perempuan akan mampu bergerak untuk dirinya sendiri juga mampu bergerak sebagai garda terdepan pertahanan keluarga. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU