Okupansi Hotel di Batu saat Libur Panjang Rendah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 13 Mei 2024 19:34 WIB

Okupansi Hotel di Batu saat Libur Panjang Rendah

SURABAYAPAGI.COM, Batu - Pada saat ‘long weekend’ atau libur panjang akhir pekan lalu, Kota Batu dipadati wisatawan baik dari Malang Raya maupun luar Malang Raya.

Lonjakan pengunjung terjadi di Taman Rekreasi Selecta dan juga Jatimpark Group khususnya Jatimpark 1.

Baca Juga: Festival Strawberry di Batu Dongkrak Pariwisata Berbasis Pertanian

H-1 jelang libur panjang tepatnya sejak pada Rabu (8/5/2024) ribuan orang tercatat datang ke masing-masing tempat untuk berwisata.

Namun menurut Ketua PHRI Kota Batu Sujud Hariadi, banyaknya jumlah wisawatan yang datang ke Kota Batu tak menjamin okupansi hotel di Kota Batu juga laris manis.

Sebab nyatanya okupansi hotel di Kota Batu saat libur panjang kemarin mencatatkan angka yang rendah.

“Iya, kunjungan wisatawan memang tinggi, tapi okupansi hotel tidak sampai lebih dari 60 persen. Diangka 50-60 persen. Padahal prediksi kami bisa sampai 80-90 persen,” kata Sujud Hariadi, Senin (13/5/2024).

Menurutnya penyebab utama okupansi hotel yang rendah terjadi karena wisatawan yang datang ke Kota Batu memilih untuk tidak menginap dan hanya menghabiskan waktu di Batu untuk rekreasi.

Baca Juga: Ratusan Warga Kota Batu Terima Sertifikat PTSL

“Memilih untuk liburan terus pulang, tidak menginap. Jadi itu yang membuat okupansi hotel rendah. Apalagi masyarakat juga baru saja libur lebaran kemarin. Sehingga memilih untuk langsung pulang,” jelasnya. 

Diketahui sebelumnya wisatawan kembali membanjiri Kota Batu pad momen libur panjang Kenaikan Isa Al Masih yang berlangsung sejak tanggal 9 hingga 12 Mei 2024.

Wisatawan tampak memenuhi tempat wisata yang ada di Kota Batu. Seperti Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park dan destinasi wisata alam yang ada di Kota Batu.

Baca Juga: Nilai Investasi di Kota Batu Naik 28,9 Persen

Di Taman Rekreasi Selecta pada tanggal 9 dan 10 Mei, tercatat jumlah wisatawan yang berkunjung menembus sekitar 3.000 orang. Kemudian di puncak liburan pada Sabtu dan Minggu, ada sekitar 5.000 wisatawan

"Kenaikan jumlah pengunjung pada libur panjang sangat jauh dari hari-hari biasa. Jika hari biasa, jumlah pengunjung yang datang hanya sekitar 500-700 wisatawan," kata Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi, Senin (13/5/2024).

Sujud menguraikan, jumlah kunjungan libur Kenaikan Isa Al-Masih tidak jauh berbeda dengan kunjungan saat libur lebaran lalu. Saat itu angka kunjungan wisatawan mencapai 5.600 orang dalam sehari. Bt-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU