Penuhi Kebutuhan Stok Pangan, Puluhan Warga Mindu Gading Terima Bantuan Ayam Petelur

author Juma'in Koresponden Sidoarjo

- Pewarta

Selasa, 14 Mei 2024 17:24 WIB

Penuhi Kebutuhan Stok Pangan, Puluhan Warga Mindu Gading Terima Bantuan Ayam Petelur

i

Kabid Produksi Peternakan Dispanpertan Sidoarjo, drh Toni Hartono, saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Kades Mindu Gading, Sri Susilowati. SP/JUM

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Dalam rangka memenuhi kebutuhan stok pangan, jumlah, mutu, aman, merata dan terjangkau bagi rumah tangga. Dinas Pangan dan Pertanian (Dispanpertan) Pemkab Sidoarjo memberi pelatihan budidaya ayam ras petelur kepada 25 warga Desa Mindu Gading, Kecamatan Tarik. Pelatihan digelar di pendopo kantor desa setempat, pada Selasa (14/5/2024)

Selain mendapatkan pelatihan, masing - masing peserta juga mendapat bantuan berupa, 10 kg pakan ayam  beserta obat - obatan dan 8 ekor ayam  ras beserta kandang.

Baca Juga: Dansatgas TMMD ke 120 Kodim 0816/Sidoarjo Menyatu dengan Warga Desa Penambangan

Kepala Desa (Kades) Mindu Gading, Sri Susilowati, mengatakan bahwa, pelatihan budidaya ayam ras petelur kepada 25 rumah tangga tepat sasaran tersebut merupakan hasil usulan Pemerintah Desa (Pemdes) Mindu Gading pada Musyawarah Rencana   Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023 lalu. 

Saat Musrengbang digelar, Pemdes Mindu Gading mengusulkan sebanyak 25 rumah tangga tepat sasaran untuk mendapat bantuan ayam ras petelur.

"Alhamdulillah hari ini dapat terealisasi. Mereka yang ikut pelatihan mendapat satu paket bantuan berupa 8 ekor ayam + kandang, dan 10 kg pakan + obat-obatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Produksi Peternakan Dispanpertan Sidoarjo, drh, Toni Hartono menyampaikan bahwa, untuk menanggulangi kondisi ayam yang stres akibat pengiriman yang lumayan jauh, para peserta bisa memberikan vitamin yang terdapat pada paket bantuan yang diterimanya.

Baca Juga: Plt Bupati Sidoarjo Kawal Langsung Bantuan Pangan Beras di Desa Kebonsari Kecamatan Candi

"Apabila masih mengalami kendala, bisa dikonsultasikan dengan petugas kami yang ada di kantor Kecamatan Tarik," sampainya.

Toni juga meminta kepada para penerima bantuan, agar dapat menjaga dan merawat dengan baik sehingga ayam bantuan bisa berkembang dan telur yang dihasilkan dapat dikosumsi bagi anak sebagai bahan makanan untuk mencegah stunting.

"Apabila sudah meningkat dan berkembang, telur tersebut dapat dijual dan menjadi peningkatan pendapatan masyarakat," ucapnya.

Baca Juga: Linmas Desa Bogempinggir Dilatih Tanggulangi Kebakaran

Terpisah, salah satu penerima bantuan, yakni Panuji, berharap agar petugas penyuluh lapangan (PPL) peternakan di kantor Kecamatan Tarik bisa aktif memberi pembinaan dan pendampingan kepada para warga penerima bantuan. Hal itu bertujuan agar hasil dari budidaya ayam ras yang dikelolanya bisa berkembang dan bermanfaat secara ekonomi.

"Harapan kami, agar pihak PPL di Kecamatan dapat selalu memberi pendampingan terkait pengelolaan budidaya ayam ras petelur ini," harapnya. jum

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU