Santer Isu Mobil FWD Tak Kuat Menanjak, Kuncinya Jaga Momentum

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Mei 2024 14:06 WIB

Santer Isu Mobil FWD Tak Kuat Menanjak, Kuncinya Jaga Momentum

i

Mobil-mobil MPV Toyota yang dulu terkenal dengan penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD) seperti Avanza dan Innova. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Makin banyak mobil dengan penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) bermunculan. Mobil-mobil MPV Toyota yang dulu terkenal dengan penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD) seperti Avanza dan Innova kini juga mengusung FWD.

Sebelumnya ramai-ramai menyebut mobil FWD tidak kuat menanjak jika dibandingkan dengan mobil RWD. Namun, Nyatanya mobil FWD maupun RWD tidak masalah. Terlebih bila kondisi jalanan ideal, mobil FWD pun tidak ada masalah bila harus menanjak.

Baca Juga: Ferrari Bakal Debutkan Mobil Listrik Perdananya, Ditaksir Mulai Rp 8 Miliaran

"Kalau semuanya tidak ideal, termasuk pengemudi yang gampang panik hingga traksi kurang seperti jalan licin, maka kondisi ini (penggerak) belakang akan menguntungkan,” jelas Praktisi keselamatan berkendara sekaligus Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, Rabu (29/05/2024).

“Tapi kalau semua ideal, tanjakan curam, ban ideal, pengemudinya juga tahu semua, nggak ada masalah dengan penggerak depan," imbuhnya.

Sementara itu, untuk menyiasati hal itu, pengemudi harus mengetahui tekniknya dengan baik sekalipun mengendarai mobil RWD. Terpenting adalah menjaga momentum.

Baca Juga: Motor Cruiser CFMoto CLC450: Harga Terjangkau, Cocok Bagi Pecinta Moge

"Usahakan jangan melakukan perlambatan saat menanjak. Caranya jaga jarak dari jauh, supaya tidak melakukan perlambatan. Kalau terlalu mepet, pasti dia akan melakukan perlambatan ketika kendaraan di depan melakukan perlambatan atau berhenti. Jaga jarak supaya terus memelihara momentum," sebutnya.

"Pergerakan itu akan menimbulkan momentum. Sehingga momentum ini akan membuat bobot kendaraan jadi lebih enteng karena ada gerakan momentum bukan gerakan dari mesin saja. Artinya beban mesin jadi lebih rendah," papar Jusri.

Baca Juga: Bermesin V16 Hybrid Super Buas, Bugatti Tourbillon Dibanderol Rp 67 Miliar

Sebagai informasi, mobil FWD memang diketahui memiliki sejumlah keunggulan. Salah satu keunggulan yang dimiliki mobil FWD adalah tenaga lebih responsif dan mesin lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar. 

Selain itu, mesin FWD kerap memiliki tarikan yang lebih spontan dan lebih irit bahan bakar. Keunggulan lain mobil FWD adalah memiliki bobot lebih ringan karena lebih sedikit komponen powertrain-nya. Serta memiliki kabin lebih lapang karena tidak terdapat gundukan komponen gardan di bawah lantai, seperti pada mobil berpenggerak roda belakang. jk-06/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU