Tren Sepeda Listrik Jadi Primadona di Magetan, Penjualan Melonjak 20%

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 03 Jun 2024 09:28 WIB

Tren Sepeda Listrik Jadi Primadona di Magetan, Penjualan Melonjak 20%

i

Ilustrasi. Penjualan kendaraan listrik di Magetan mengalami lonjakan yang signifikan. SP/ MGT

SURABAYAPAGI.com, Magetan - Pasca Lebaran tahun 2024 ini, tren sepeda dan motor listrik di Magetan mulai banyak digemari dan dikonsumsi masyarakat lantaran selain ramah lingkungan juga hemat energi. Bahkan, imbas tingginya minat masyarakat tersebut, kini penjualan sepeda dan motor listrik di Magetan mengalami lonjakan signifikan sebesar 20 persen.

Hal ini dikarenakan kepraktisan dan kemudahan penggunaan sepeda listrik yang tidak memerlukan SIM dan biaya operasional yang lebih murah. Sementara itu, motor listrik lebih diminati oleh kalangan guru dan PNS.

Baca Juga: Makan di Telaga Sarangan, Wisatawan Ngeluh Dipatok Rp 225 Ribu

Salah satu penjual kendaraan listrik di kawasan Pasar Barat, tepatnya di Jalan Raya Pasar Legi, Kelurahan Mangge Kecamatan Barat, Magetan, mengatakan jika sepeda listrik menjadi primadona utama, terutama untuk anak-anak sekolah. Sebulan dia menjual 30 unit sepeda listrik.

“Faktor pendorongnya adalah subsidi pemerintah yang menarik dan kemudahan dalam mengurus surat-surat kendaraan. Harga motor listrik di toko kami berkisar antara Rp 9 juta dengan faktur yang sah dan dapat diurus di Samsat. Kalau untuk sepeda kisaran Rp 3 jutaan,” jelas Firman Tri Sugiono, Senin (03/06/2024).

Baca Juga: Wabah Hama dan Penyakit, Petani Bawang Merah di Magetan Rugi Ratusan Juta

Pembeli kebanyakan memilih pembayaran secara tunai karena harga yang masih tergolong terjangkau. Pengguna tidak perlu lagi mengantre untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) dan tidak perlu mengganti oli secara berkala. Karena menggunakan tenaga listrik.

“Tren ini sudah berlangsung sejak tahun 2023, dan semakin marak seiring dengan semakin menipisnya cadangan minyak bumi. Sedangkan peralihan ke kendaraan listrik menawarkan solusi yang lebih hemat dan ramah lingkungan bagi semua kalangan,” ungkapnya.

Baca Juga: BPBD Jatim Tinjau Progres Perbaikan Infrastruktur di Magetan dan Madiun

Sebagai informasi, dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, diprediksi tren penggunaan sepeda dan motor listrik akan terus berkembang di masa depan. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mendorong penggunaan energi terbarukan dan mengurangi emisi gas buang. mgt-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU