Stok Hewan Kurban Jelang Idul Adha, Dispertan: Banyuwangi Surplus Ternak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 05 Jun 2024 11:17 WIB

Stok Hewan Kurban Jelang Idul Adha, Dispertan: Banyuwangi Surplus Ternak

i

Ilustrasi. Hewan kurban kambing di Kabupaten Banyuwangi. SP/ BYW

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Perayaan Hari Raya Idul Adha memang selalu identik dengan penyembelihan hewan kurban. Pasalnya menjelang beberapa pekan lagi, kini sudah banyak pedagang hewan kurban yang menawarkan sapi dan kambing ke konsumen.

Tidak terkecuali di Kabupaten Banyuwangi, bahkan banyak pedagang hewan kurban di Banyuwangi yang meminta izin ke Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) untuk mengirim ternaknya ke luar daerah.

Baca Juga: Jokowi Sumbang 68 Sapi Mongol

“Ini menunjukkan bahwa ketersediaan ternak di Banyuwangi cukup sekali. Bahkan tidak sedikit pedagang yang mengirim ternaknya ke Surabaya, Jawa Tengah, hingga ke Jakarta,” pungkas Kepala Dispertan Banyuwangi, Arief Setiawan, Rabu (05/06/2024).

Melihat hal itu, Dispertan Banyuwangi menjamin kondisi stok hewan kurban jelang hari raya Idul Adha, aman. Bahkan, Dispertan Banyuwangi mencatat surplus ternak.

Baca Juga: Disnak Pasuruan Pastikan Hewan Kurban Aman

Diketahui, menjelang Idul Adha tahun ini, jumlah populasi sapi di Banyuwangi mencapai 116.784 ekor. Begitu juga dengan kambing mencapai 126.671 ekor dan domba 143.328 ekor

Selain itu, diketahui Dispertan juga mencatat kebutuhan hewan kurban di Banyuwangi pada tahun lalu, untuk sapi 3.127 ekor, kambing 12.630 ekor, dan domba 6.226 ekor.

Baca Juga: Rayakan Idul Adha, PDIP Jatim Distribusikan 376 Ekor Sapi ke Seluruh Daerah

“Dengan populasi ternak seperti di atas, maka kita surplus. Tidak hanya mampu mencukupi kebutuhan lokal, namun juga mampu menyuplai kebutuhan hewan kurban di luar daerah,” kata Arief. bny-02/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU