32 Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Wafat di Tanah Suci

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 20 Jun 2024 18:45 WIB

32 Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Wafat di Tanah Suci

i

 Suasana jemaah haji di lapangan udara di Bandara Juanda, Minggu, (12/5/2024). SP/Wildan

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Sebanyak 32 jemaah haji dari embarkasi Surabaya wafat di Tanah Suci. Mayoritas jemaah yang wafat ini berusia lanjut dan menderita penyakit jantung. 

Pelaksanaan puncak ibadah haji telah usai dilalui dan jemaah asal Indonesia bersiap untuk dipulangkan kembali ke Tanah Air. Hingga saat ini tercatat ada 193 jemaah haji asal Indonesia yang wafat di Arab Saudi. Dari jumlah tersebut, 32 jemaah di antaranya dari embarkasi Surabaya.

Baca Juga: Jemaah Haji Kloter SUB-62 Asal Jombang Wafat di Pesawat

"Jemaah yang wafat ini 70% berusia di atas 61 tahun atau sudah lansia. Mayoritas penyebab wafatnya jemaah haji dari embarkasi Surabaya dikarenakan sakit jantung," ujar Kepala Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Kota Surabaya,  Rosidi Roslan, Kamis (20/6).

Saat ini jemaah haji kloter awal dari embarkasi Surabaya telah disiapkan untuk dipulangkan ke tanah air. 

Baca Juga: Mbah Hardjo, Jemaah Haji Tertua Indonesia Tiba di Tanah Air

“Tiga kloter awal akan tiba di Bandara Juanda, Surabaya pada 22 Juni 2024,” tambah Rosidi.

Sebelumnya dilaporkan ratusan orang meninggal selama ibadah haji tahun ini di Arab Saudi karena suhu tinggi yang ekstrem.

Baca Juga: Hamil 6 Minggu, Satu Jemaah Haji dari Bondowoso Dipulangkan

Dilaporkan AP, Kamis (20/6), cuaca panas ekstrem yang terjadi di semua wilayah Arab Saudi termasuk di situs-situs suci Islam jadi masalah yang sangat besar buat para jemaah haji.

Di dunia maya, beredar laporan jumlah jemaah yang meninggal selama 5 hari pelaksanaan haji. Jumlahnya diperkirakan mencapai 550 orang.sb/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU