Home / Otomotif : Dua Kali Harga di Indonesia

Diklaim Legal, Suzuki Jimny 5 Pintu Bekas di Amerika Hampir Rp 1 M

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 26 Jun 2024 10:06 WIB

Diklaim Legal, Suzuki Jimny 5 Pintu Bekas di Amerika Hampir Rp 1 M

i

Model baru Suzuki Jimny 5 pintu yang sudah hadir di Indonesia dengan harga setengahnya di Amerika. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Model terbaru Suzuki Jimny 5 pintu nyatanya memiliki harga yang berbeda saat di Indonesia dengan di Amerika. Pasalnya, di Amerika untuk dana yang harus dirogoh bisa mencapai nyaris Rp 1 miliar, sedangkan di harga itu setengahnya di Indonesia yakni sekitar Rp 480 jutaan.

Di jalanan Amerika, seharusnya model  bertransmisi otomatis dengan kelir Sizzling Red tercatat ilegal karena tidak datang dari dealer resmi. Namun, dealer Exotic Motorsports of Oklahoma menyebutkan kendaraannya dijual lewat jalur konsinyasi, tapi itu tetap saja belum memenuhi persyaratan untuk menjadi legal, karena belum berusia 25 tahun.

Baca Juga: Kolaborasi Hot Wheels dan Honda, Bikin Diecast Terbatas Legenda Civic EG

Diketahui, Jimny 2024 yang sampai di dealer Oklahoma itu memiliki odometer 7.572 km, yang ditembak dengan banderolan $US 54.995 atau setara Rp 905,5 juta, angka besar yang tercatat sebagai harga termahal untuk Jimny. Angkanya pun hampir menyentuh Rp 1 miliar.

Merujuk UU federal "Motor Vehicle Safety Compliance Act" yang dikutip pada Rabu (26/06/2024), menetapkan bahwa kendaraan dari luar negeri, termasuk yang diimpor dari negara lain ke Amerika Serikat, harus memenuhi standar keselamatan federal AS sebelum diizinkan untuk dijual dan digunakan di jalan raya.

Sedangkan, kendaraan konsinyasi atau kendaraan baru dari luar negeri, hanya boleh diimpor setelah berusia 25 tahun karena kendaraan tersebut telah melewati periode waktu yang cukup untuk memastikan bahwa mereka tidak lagi memerlukan modifikasi signifikan untuk mematuhi standar keselamatan di Amerika Serikat.

Baca Juga: Modifikasi SERES E1 'Vision Future', Eksterior dan Interior Makin Garang

Sehingga, untuk mengakali legalitasnya, diduga Jimny dibuat legal dengan memanfaatkan celah dalam undang-undang negara bagian Oklahoma, yaitu Judul 42, yang memungkinkan individu untuk membuat dokumen catatan resmi atas barang seperti trailer komersial, kendaraan utilitas (SUV), perahu, dan banyak lainnya.

Sebagai informasi, Jimny 5-pintu adalah mobil SUV ladder-frame yang cocok dengan habitat off-road. Meski memiliki output 100 tenaga kuda yang sederhana dan transmisi otomatis, ia memiliki fitur penggerak empat roda, gigi transfer jarak rendah, dan fungsi hill hold control yang membantu pengemudi saat memulai kendaraan dari posisi diam di tanjakan atau lereng curam.

Baca Juga: Honda Pamer Konsep Sustaina-C dan Pocket, Perdana di ASEAN

Di awal tahun peluncurannya di IIMS 2024 Indonesia, karena minat para penggemar kendaraan legendaris ini yang tinggi. Namanya naik karena harganya digoreng sampai dikatrol naik tembus Rp 520 Juta. Namun setelahnya, pihak Suzuki membenahi hal tersebut dan harga Jimny 5-pintu kini mulai di Rp 465 juta untuk OTR Jakarta.

Sementara untuk membeli model yang sama dengan sosok Jimny termahal yang dijual di AS tadi, dengan konfigurasi transmisi otomatis dan two tone, harganya di Rp 481,6 juta, selisih hampir dua kali lipat dengan harga yang ditawarkan untuk Jimny di dealer Oklahoma yang kelegalannya masih diragukan. jk-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU