Wapres Dorong Hilirisasi Rempah-rempah Sebelum Dijual ke Pasaran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 26 Jun 2024 19:33 WIB

Wapres Dorong Hilirisasi Rempah-rempah Sebelum Dijual ke Pasaran

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan bahwa Indonesia memiliki beragam kekayaan alam, salah satunya rempah-rempah yang bisa menjadi komoditi unggulan, mengingat minat pasar global terhadap rempah cukup tinggi.

Untuk itu, Wapres mendorong hilirisasi rempah-rempah sebelum dijual ke pasaran.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Harapkan Jadi Pabrik Baru yang Akan Serap Banyak Tenaga Kerja

"Jadi saya berpikir, rempah ini kan milik kita yang diberikan Allah SWT, banyak negara yang tidak punya. Jangan sampai kita menjual bahan baku. Kita harus hilirisasi itu," kata Wapres dikutip dari keterangan Biro Pers Sekretariat Wapres, Rabu (26/6) .

Pernyataan tersebut disampaikan Wapres saat menerima audiensi jajaran pimpinan Gerakan Masyarakat dan Komunitas Rempah Indonesia (GEMARI) di kediaman resminya di Jakarta, Rabu.

Menurut Wapres, apabila hilirisasi rempah dapat terwujud, hal itu akan memberikan dampak yang baik bagi negara karena yang akan diuntungkan ialah para petani pangan dan rempah yang secara langsung hilirisasi akan memberikan nilai tambah terhadap produk mereka.

"(Hilirisasi) akan membawa kita menjadi negara makmur, kalau di (industri) pangan, itu yang akan menikmati orang kecil, yaitu para petani," kata Wapres.

Baca Juga: Wapres Ingin RI Jadi Produsen Halal Terbesar di Dunia

Selain itu, Wapres juga meminta agar para petani pangan dan rempah dapat bergabung dalam program korporasi petani yang bertujuan mendorong petani menjadi lebih mandiri, berdaya saing, dan berkesinambungan melalui pembinaan yang menyeluruh kepada petani.

"Ini yang harus kita tata (melalui) korporasi petani. Jangan sendiri-sendiri, di-korporasikan. Proses penanaman dan pengairannya diatur, termasuk dalam komoditi rempah," tuturnya.

Sementara itu, dalam keterangan pers usai mendampingi Wapres dalam pertemuan tersebut, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi menyebutkan bahwa Wapres menaruh perhatian khusus terhadap pengembangan komoditas rempah nasional yang sudah menarik perhatian dunia sejak dulu.

Baca Juga: Wapres: Perbankan Syariah Perlu Prioritaskan Peningkatan Tata Kelola dan Manajemen Risiko

"Wapres memang sangat concern terhadap jalur rempah Indonesia. Bagaimana supaya sejarah masa lalu yang penuh dengan kejayaan itu bisa dihidupkan kembali," kata Masduki.

Lanjut Masduki, wapres meyakini dengan memajukan komoditi rempah nasional, dapat membantu banyak pelaku usaha rempah terutama petani yang menggantungkan hidupnya pada berbagai jenis tanaman istimewa tersebut. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU