Fokus Rehabilitasi Fasilitas Pelabuhan, Kemenhub Siapkan DAK Rp 119 M

surabayapagi.com
Foto ilustrasi. Foto: Kemenhub.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengalosikan Rp 119 miliar dana alokasi khusus (DAK) untuk peningkatan sektor transportasi laut.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha menilai DAK khususnya bidang transportasi perairan merupakan instrumen penting dalam mendukung dan mendorong peningkatan rasio konektivitas sektor transportasi laut nasional.

Baca juga: Kemenhub Siapkan 722 Unit Bus, Siap Layani Mudik Gratis Lebaran 2024

"Salah satu target kinerja transportasi laut tahun 2023 adalah tercapainya rasio konektivitas transportasi laut nasional," kata Arif di Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Arif menuturkan, penggunaan dana DAK tersebut tersebar pada 20 pelabuhan di 12 kota/kabupaten dan 3 provinsi.

Kegiatan DAK tahun 2023 ini, kata dia, masih fokus pada kegiatan rehabilitasi fasilitas pelabuhan. Sesuai arahan dan ketentuan dari Kementerian PPN/Bappenas masih merupakan DAK penugasan dengan lokasi prioritas di 16 propinsi dan 60 kabupaten.

Penetapan penggunaan DAK itu telah melalui tahap penilaian awal, sinkronisasi dan harmonisasi, dan rencana kegiatan.

Baca juga: Kemenhub: Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Melonjak 70%, Siap-siap Diprediksi Macet Parah

"Proses penyusunan DAK bidang transportasi laut tahun anggaran 2023 telah selesai dilaksanakan melalui 3 tahapan, yaitu penilaian awal sinkronisasi dan harmonisasi, serta rencana kegiatan," ujarnya.

Ia mengatakan, tahun ini merupakan tahun ketiga dari pelaksanaan DAK penugasan di sektor transportasi laut dimana terdapat arah kebijakan, target dan sasaran serta ketentuan umum yang menjadi perhatian utama dalam rangka proses perencanaan dan pelaksanaan DAK bidang Transportasi Laut.

Berdasarkan hasil laporan pelaksanaan kegiatan DAK Bidang Transportasi Perairan, pada tahun 2021 dialokasikan DAK sebesar Rp88,1 miliar pada 21 pelabuhan di 15 kota/kabupaten,

Baca juga: Kemenhub Buka Program Mudik Motis, Motor Listrik Tak Bisa Ikut Mudik Gratis

Kemudian, pada tahun 2022 pemerintah mengalosikan DAK sebesar Rp81,5 miliar. Tercatat, rata-rata realisasi fisik sebesar dari penggunaa DAK tersebut sebesar 88,8 persen dan realisasi keuangan pada sub sektor perhubungan laut sebesar 82 persen.

Pengunaan DAK tahun lalu itu berfokus pada 6 provinsi, yang dalam pelaksanannya telah dilakukan di 19 lokasi pelabuhan yang tersebar di 13 kabupaten/kota dan 1 provinsi. jk

Editor : Redaksi

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru