PABPDSI Sampang Nilai Musrenbang RKPD Terkesan Formalitas Semata

surabayapagi.com
Gedung Bappelitbangda Kabupaten Sampang.

SURABAYAPAGI.COM, Sampang - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kecamatan di Kabupaten Sampang dinilai hanya terkesan formalitas semata, bahkan sebagian Desa Belum Melakukan Musrenbang RKPD tingkat Desa.

Hal tersebut disayangkan oleh Bendahara Umum PABPDSI (Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Sampang, H. Moh. Yusuf. Ia menilai Musrenbang yang merupakan giat penting untuk penentu arah pembangunan dalam jangka satu tahun kedepan hanya dijadikan ajang formalitas semata.

Baca juga: Walaupun Rival Belum Muncul, Dukungan H Slamet Junaidi Melesat

“Kami melihat hanya acara seremonial semata, harusnya giat itu dilakukan dari tingkat Desa, baru ke tingkat Kecamatan, ini malah ada lebih banyak Desa belum melaksanakan tetapi melakukan Musrenbang tingkat Kecamatan,“ kata kata H. M. Yusuf saat ditemui Senin (13/2/2023).

Menurutnya, kegiatan terindikasi tumpang tindih, acara Kegiatan Desa di Tahun 2022 hanya diubah benar seolah - olah Musrenbang RKPD tingkat Desa sudah dilaksanakan.

“Ada kegiatan lain dijadikan seolah kegiatan Musrenbang tingkat Desa, ini sangat kami sayangkan. Acara itukan sangat penting karena menyangkut pembangunan dalam satu tahun mendatang," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Sampang Diduga Mengesampingkan Asas Kepatutan dan Kepantasan

Masih kata dia, dengan Terobosan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Sampang yang luar biasa, tetapi tidak diimbangi oleh OPD, sangat terkesan ditutup - tutupi seolah sudah sesuai prosedur kegiatan tersebut.

“ upati dan Wabup Sampang luar biasa melakukan perubahan di Sampang, tetapi para pembantunya tidak sungguh - sungguh dalam melakukan pelayanan, contohnya ini, harusnya dari bawah malah loncat tingkat Kecamatan," kesalnya.

Baca juga: Plt Staf Ahli Dapat Sanjungan Jiwa dari H Slamet Junaidi

Sementara itu, saat mau dikonfirmasi Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sampang maupun Kabid yang menangani persoalan tersebut tidak ada.

"Kepala maupun Pak Kabid lagi mengikuti Musrenbang, Mas," ungkap salah satu staf Bappelitbangda. gan

Editor : Redaksi

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru