Harga Sempat Anjlok, Petani Garam di Sampang Siap Produksi Lebih Awal

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 12 Mei 2024 13:35 WIB

Harga Sempat Anjlok, Petani Garam di Sampang Siap Produksi Lebih Awal

i

Petani garam di Kabupaten Sampang siap memproduksi bulan depan. SP/ SMP

SURABAYAPAGI.com, Sampang - Harga garam yang sempat anjlok beberapa waktu lalu tak membuat para petani garam di Kabupaten Sampang, Madura frustasi. Mereka justru mulai melakukan pembenahan lahan garam untuk persiapan produksi tahun 2024. 

Sukron, pemilik lahan garam di Desa Disanah, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang mengungkap, pihaknya kini mulai memproduksi garam dengan memperbaiki saluran irigasi, tanggul, dan alat pendukung lainya.

Baca Juga: Gonjang-Ganjing Mutasi Eselon II, III di Pemeritahan Pj Bupati Sampang, Merebak

“Kita mulai melakukan persiapan produksi garam, karena intensitas hujan sudah mulai turun dan cuaca cukup panas,” kata Sukron, Minggu (12/05/2024).

Lebih lanjut, sebagian petani sudah mulai proses pemanasan air ke dalam lahan garam. Jika cuaca normal, produksi bisa dimulai bulan depan. 

Baca Juga: Pj Bupati Sampang Ngacir Saat Didemo Ribuan Massa

“Meskipun produksi garam lebih awal, harapan para petani tidak mempengaruhi harga garam rakyat, sebab biasanya jika garam melimpah harga menjadi anjlok,” imbuhnya.

Hal senada dikatakan oleh Taufik petani garam lainnya yang juga melakukan perbaikan lahan menjelang produksi garam. 

Baca Juga: Kadisdik Minta Fair, Penilaian Jangan Ditutup-tutupi Baik Itu Anggaran

“Kalau kita bisa produksi lebih awal, maka keuntungan hasil produksi akan melimpah, dan semoga harganya pun juga stabil,” harapnya.

Sementara itu, menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerangkan, untuk wilayah Sampang dan sekitarnya musim kemarau terjadi sejak dasarian 1 Mei. Awal musim kemarau tersebut relatif mundur dari tahun lalu yang biasanya mulai pada bulan April. smp-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU