Kirab Mojo Bangkit 2024 Semarak, Pj Wali Kota Ali Kuncoro : Momentum Kembangkan Wisata dan Gerakkan Ekonomi

author Dwi Agus Susanti

- Pewarta

Sabtu, 15 Jun 2024 16:56 WIB

Kirab Mojo Bangkit 2024 Semarak, Pj Wali Kota Ali Kuncoro : Momentum Kembangkan Wisata dan Gerakkan Ekonomi

i

Pj Wali Kota Ali Kuncoro saat membuka Kirab Mojo Bangkit 2024

 

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Kirab Mojo Bangkit 2024 di Mojokerto berlangsung semarak di Skywalk Mojopahit, Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto, Sabtu (15/6/2024).

Baca Juga: Minggu Ceria, Pj Ali Kuncoro Ajak Puluhan Siswa TK Keliling Wisata Edukasi Sejarah Budaya

Festival Mojo Bangkit adalah rangkaian HUT Kota Mojokerto ke-106, yang menyuguhkan kirab budaya untuk mengembangkan wisata, merawat sekaligus mengembangkan warisan tradisi leluhur di Bumi Majapahit.

Pj Wali Kota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro mengatakan Kirab Mojo Bangkit merupakan bagian dari perayaan HUT Kota Mojokerto ke-106.

"Kegiatan Mojo Bangkit rangkaian HUT Kota Mojokerto ke-106. Merupakan upaya dari kita Pemerintah Kota Mojokerto, untuk melestarikan sekaligus mengembangkan wisata dan nilai-nilai tradisi luhur yang pernah ada di Bumi Majapahit ini," jelasnya di Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto, Sabtu (15/6/2024).

Peserta kirab Mojo Bangkit melibatkan  seluruh OPD di lingkup Pemkot Mojokerto, budayawan, seniman hingga masyarakat umum.

Mereka begitu antusias mengikuti kirab budaya Mojo Bangkit meski dalam suasana guyuran hujan. 

Baca Juga: Kick Off ILP Kota Mojokerto, Komitmen Pemerintah Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Pawai budaya dimulai dari garis start di Skywalk Alun-alun Wiraraja, Jalan Mojopahit, Jalan Bhayangkara hingga finish di Balai Kota Mojokerto.

Bahkan sepanjang jalan menuju Alun-alun hingga Balai Kota Mojokerto dipadati masyarakat yang ingin menyaksikan dari dekat kirab Mojo Bangkit tersebut.

Terlebih, dikatakan Mas pj sapaan akrab Ali Kuncoro, bahwa penyelenggaraan kirab Mojo Bangkit tidak hanya sukses dalam acara namun juga dampaknya menggerakkan perekonomian.

"Saya lihat di sepanjang jalan menuju Alun-alun banyak UMKM yang berjajar di jalur akan dilewati peserta kirab Mojobangkit. Sehingga dampaknya dirasakan masyarakat khususnya pedagang," cetusnya.

Ali Kuncoro sekaligus Kadispora Jatim ini mengungkapkan, kedepannya penyelenggaraan kirab Mojo Bangkit akan lebih meriah dan melibatkan masyarakat dengan potensi wisata yang ada di Mojokerto Raya.

Baca Juga: Pemkot Mojokerto Dorong Perluasan Transaksi Non Tunai di Tiga Pasar Tradisional

"Seluruh potensi kesenian yang ada di Mojokerto Raya harus bisa ditampilkan, termasuk industri kreatif desainer boleh tampil. Kesenian Bantengan dan apapun yang dimiliki Mojokerto. Biar semakin semarak serta masyarakat terhibur. Terpenting perekonomian UMKM tumbuh dan masyarakat Kota Mojokerto guyub rukun," bebernya.

Ia berharap kirab budaya Mojo Bangkit dapat menjadi event tahunan yang lebih banyak melibatkan kesenian maupun industri kreatif di Mojokerto Raya.

"Ini akan menjadi kalender event tahunan dan saya harapkan dari tahun ke tahun, akan bisa dilaksanakan semakin bagus dan semakin meriah," pungkasnya. Dwi



Editor : Redaksi

BERITA TERBARU