Tertimbun Tanah Longsor, 2 Tewas, 1 Selamat dan 1 masih dalam Pencarian

author Lestariyono Blitar

- Pewarta

Senin, 01 Jul 2024 17:09 WIB

Tertimbun Tanah Longsor, 2 Tewas, 1 Selamat dan 1 masih dalam Pencarian

i

Hingga Senin pagi, 1 korban tertimbun longsor belum ditemukan. SP/Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Tanah longsor di Desa Bumirejo Kec Kesamben Kabupaten Blitar yang terjadi pada Minggu (30/6) kemarin menyisakan kepedihan bagi warga desa setempat, karena 3 warganya meninggal dunia sementara 1 orang selamat.

Peristiwa itu terjadi di kandang ayam yang terletak di bawah tebing milik Gunawan (43) warga setempat, seperti yang disampaikan Kapolsek Kesamben AKP Suhartono melalui Kasi Humas Polres Blitar Iptu Heri Setiawan saat Gunawan duduk istirahat bersama Supiono (40) di rumah Dita Supiono (40) tetangganya, usai menjenguk kandang ayamnya, sambil menambal ban motornya yang bocor.

Baca Juga: Pemkab Blitar Komitmen Dukung Koperasi Berkualitas Dipenuhi Beragam Inovasi

"Saat menunggu terdengar suara gemuruh tanah longsor yang ditempati kandang ayam milik Gunawan, melihat dan mendengar suara gemuruhnya tanah longsor, spontan Gunawan dan Supiono datangi TKP, karena kondisi kandang ayam hancur, Supiono minta tolong," terang Iptu Heri.

Untuk diketahui secara fisik kondisi jarak antara kandang ayam (TKP) dan tebing sekitar 15 meter, sedang ketinggian tebing 50 mete. Menurut BPBD Kabupaten Blitar tebing tingginya sekitar 10 meter dengan luas kandang ayam petelur jenis antara 10 X 36 meter yang berlantai semen cor serta dilapisi potongan potongan bambu.

Baca Juga: Dipertapa Kabupaten Blitar Kembangkan Tembakau Lokal

Ketika tebing longsor ketika tiga pekerja kandang yakni Anto, Jarianto (50), Mugiono (50) sedang memunguti telur telur ayam, sementara korban Gunawan (pemilik kandang) bersama Supiono sedang menambal ban motornya, mendengar reruntuhan gemuruhnya tanah di TKP, Gunawan dan Supiono berusaha menolong Anto, Mugiono dan Jarianto, rupanya, gerakan tanah longsor terjadi lagi.

"Longsoran tanah terjadi lagi saat Gunawan dan Supiono menolong ketiganya, Supiono lari sambil minta tolong, spontan warga sekitar TKP menolong Gunawan, Anto, Jarianto dan Mugiono, Anto bisa terselamatkan untuk 3 orang tertimbun reruntuhan tanah tebing warga berusaha mencari keberadaan mereka," tambah Iptu Heri.

Baca Juga: Tepat Delapan Hari Pencarian, Gunawan Korban Tanah Longsor Berhasil Ditemukan

Dalam pencarian ketiga korban Gunawan, Jarianto dan Mugiono, yang dibantu dengan peralatan eskavator, sejak terjadinya longsor, sampai jauh malam, dan sekitar pukul 01.00 pada Senin (1/7) dini hari berhasil mengevakuasi Jarianto dan Mugiono dalam keadaan meninggal dunia, sementara korban Gunawan belum ditemukan, dan mendatangkan Basarnas Pos SAR Trenggalek, untuk pencarian bersama masyarakat desa Bumirejo dan Polres Blitar dan KODIM 0808 Blitar. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU