Anggota DPR Tanya Firli, Nawawi Jawab Jangan Tanya ke KPK

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 01 Jul 2024 20:31 WIB

Anggota DPR Tanya Firli, Nawawi Jawab Jangan Tanya ke KPK

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI, Benny K Harman, menanyakan  nasib Ketua KPK terdahulu, Firli Bahuri, yang disebutnya menghilang begitu saja.

Ketua KPK Sementara Nawawi Pomolango, yang ditanya Benny, menjawab, itu  bukan wewenang dari KPK.

Baca Juga: PT Asabri dan Taspen, tak Dipercaya Kelola Uang

"(Pertanyannya) bagaimana langkah selanjutnya terhadap ketua yang lama itu ya," kata Nawawi kepada wartawan di gedung DPR RI, Jakarta, Senin (1/7/2024).

Nawawi pun meminta pertanyaan itu tidak ditanyakan kepadanya. Seharusnya ditanyakan kepada instansi yang menangani perkara ketua KPK terdahulu.

"Bukan tanya ke KPK-nya tapi tanyakan kepada pejabat yang menangani urusan yang bersangkutan, bukan tanya kita ke KPK pertanyaan itu," ucap dia.

 

Baca Juga: DPR Bikin Pansus Haji: Gegara Alihkan Visa haji Reguler ke Khusus

Ada Apa dengan Ketua

“Tolong jelaskan ada apa dengan Ketua KPK? Jelaskan itu. Jelaskan kepada publik, bukan kepada kami, kepada publik supaya publik tahu. Jangan didiamkan, ada apa? Publik nggak tahu ada apa di KPK ini. Ketua KPK-nya menghilang, masa menghilang begitu saja," kata Benny dalam rapat.

Benny juga menyinggung pimpinan KPK yang melaporkan anggota dewan pengawas (Dewas). Benny lantas mempertanyakan apakah KPK di masa sekarang serapuh ini.

Baca Juga: Pengajuan PMN pada APBN 2024 Disetujui

"Kedua, ada anggota pimpinan KPK ya, melapor anggota Dewas, ya. Ada di sini pimpinan KPK-nya, ada apa itu? Begitu rapuhkah KPK ini?" ujar Benny.

"Dulu ada, pimpinan KPK yang dinyatakan melanggar kode etik. Lalu, dengan enak saja dia mengundurkan diri, loh kok begitu. Saya tanya Dewas waktu itu, loh kenapa nggak diproses secara hukum? Dia melakukan pelanggaran etik juga melakukan tindak pidana korupsi. Kenapa ndak diproses?" tanya Benny. n jk/erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU