70 % Pedagang Lokal Isi Pasar Malam di Ponorogo

surabayapagi.com
Pendaftaran pedagang pasar malam di Gedung Sentra Industri (GSI) Tambakbayan Ponorogo. Foto: Kominfo Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Ponorogo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Diperdagkum) akan menggelar pasar malam di Alun-Alun Ponorogo menjelang lebaran 2023 atau 1444 H.

Gelaran pasar malam tahun ini berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Pasalnya, Pemkab Ponorogo memberi syarat kuota minimal 70 persen pedagang lokal yang berjualan.

Baca juga: Pasar Malam Ponorogo Diperpanjang 6 Hari

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pasar Diperdagkum Ponorogo, Octa Heriadi mengatakan bahwa pendaftaran pedagang di pasar malam sudah mulai dibuka sejak Selasa (11/4/2023).

‘’Ada pedagang yang langsung cek lokasi lapak-lapak mereka,” kata Octa Heriadi.

Kegiatan ini mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dari masyarakat. Banyak masyarakat yang yang mendaftar untuk berdagang di Alun-Alun Ponorogo.

Baca juga: Terminal Seloaji Kembali Normal Pasca Arus Mudik Lebaran

Sebanyak empat meja pendaftaran disediakan di Gedung Sentra Industri (GSI) Tambakbayan bagi pedagang lokal. Sementara satu meja pendaftaran dlain ikhususkan untuk pedagang luar daerah.

“Kami selektif, pedagang luar kota harus dapat memberi nilai tambah untuk meramaikan pasar malam. Barang dagangan tidak boleh sama dengan pedagang lokal,” ujarnya.

Dengan melihat persiapan yang ada, lanjut Octa, pembukaan pasar malam akhirnya dimajukan pada Rabu (12/4/2023).

Baca juga: Laka Lantas Mobil Pikap Vs Motor di Ponorogo, 1 Emak-emak Tewas Ditempat

Menurutnya, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Ponorogo mendapat kesempatan untuk mengenalkan produknya di pasar malam. Alun-Alun Ponorogo seolah etalase besar bagi produk-produk lokal.

“Pemudik yang dua atau tiga tahun tidak pulang karena Covid akhirnya mengenal produk lokal Ponorogo,” tutupnya. pnr

Editor : Redaksi

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru