Cegah Calon Daftar Bareng, Begini Skenario KPU Lamongan

surabayapagi.com
Mahrus Ali Ketua KPU Lamongan. SP/JIR

SURABAYA PAGI, Lamongan - Sebentar lagi gong pesta demokrasi lima tahunan di Lamongan untuk memilih pemimpin daerah ditabuh. Seiring dengan pendaftaran bakal calon Bupati dan wakil bupati yang sudah dibuka oleh KPU Lamongan pada tanggal 4-6 September 2020. 

Segala persiapan sudah mulai dilakukan oleh penyelenggara Pikada,  pengumuman pendaftaran baik melalui media massa dan media sosial sudah dilaksanakan. 

Baca juga: Daftar ke PKB, Bupati Lamongan Angkut Relawannya Pakai Bus

Bahkan penyelenggara pesta demokrasi di tingkat Kabupaten ini sudah mempersiapkan skenario mengantisipasi kedatangan calon yang mendaftar di jam dan hari yang sama.

"Iya mas ini kita di KPU sudah mulai melakukan persiapan terkait pembukaan pendaftaran bakal calon Bupati dan wakil bupati Lamongan," kata Mahrus Ali Ketua KPU Lamongan saat dihubungi oleh surabayapagi.com .Minggu (30/8/2020).

Disebutkan olehnya, ia mulai Minggu depan sebelum tanggal pendaftaran akan melakukan pematangan, dengan melakukan koordinasi terkait, baik dengan tim bakal calon atau calon perseorangan maupun yang diajukan oleh partai atau gabungan partai, dengan Partai Politik, Bawaslu, Pemerintah dan Aparat Keamanan.

"Isyaallah mulai 1 September kita akan melakukan rakor dengan stakeholder terkait, untuk mematangkan persiapan dan berbagai skenario untuk menyambut kedatangan bakal calon kepala daerah yang mendaftar ke KPU," ujar Mahrus Ali.

Baca juga: Senggolan dengan Truk Gandeng, Pemotor Asal Tuban Meninggal Dunia

Bahkan pihaknya juga akan menyampaikan skenario pendaftaran yang datang di jam dan hari yang sama. "Karena ini hajat besar, tentu para calon punya pertimbangan memilih hari dan jam yang sama dengan calon yang lain, ini semua bisa terjadi, istilah jawanya cari hari yang baik dan tidak bertabrakan dengan nogodino," ujarnya.

Agar semuanya akan terlayani dengan baik, maka KPU akan menyiapkan beberapa ruangan untuk menampung para calon yang datang daftar bareng. "Kita sudah mulai persiapkan dan ruangan sesuai dengan jumlah calon, sehingga semuanya terlayani meskipun daftarnya bersamaan," terangnya.

Agar semua nya bisa jelas, makanya akan dilakukan rapat koordinasi untuk mematangkan rencana pendaftaran ini. "Kita akan rakor dan di sana nanti akan kita sampaikan berbagai info terkait PKPU dimasa pandemi dan penerapan protokolnya, dan  berapa orang yang bisa masuk ke kantor KPU dan lainnya," jelasnya.

Baca juga: Sempat Bertegur Sapa, Abdul Rouf dan Robai ini Daftar Bacabup ke PDIP dan PKB

Intinya kata Mahrul Ali, pihak KPU sudah siap menerima kedatangan para bakal calon (Balon) yang datang dan mendaftar." Intinya kita sudah siap semuanya, dan segala sesuatunya juga akan kita antisipasi,"pungkasnya.Jir

 

Editor : Mariana Setiawati

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru