Masalah Keuangan, Lionel Messi Resmi Tinggalkan Barcelona

surabayapagi.com
Lionel Messi. SP/ Getty Image

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kontrak baru Lionel Messi di Barcelona tidak dapat diselesaikan karena masalah keuangan yang melilit tim Catalan itu. Lionel Messi resmi meninggalkan Barcelona. Pengumuman itu disampaikan di laman resmi Barcelona pada Jumat, (6/8/2021) dini hari WIB.

Meski begitu, presiden Barcelona Joan Laporta tidak khawatir. Sebab, Joan Laporta intens berkomunikasi dengan Lionel Messi dan optimistis La Pulga -julukan Lionel Messi– bersedia memperpanjang kontrak.

Baca juga: Magis Shin Tae-yong, Garuda Muda Yakin ke Final

"Meskipun telah mencapai kesepakatan dengan Messi dan kedua belah pihak jelas ngin menandatangani kontrak baru, hal itu tidak daoat diselesaikan karena masalah keuangan dan struktural (aturan yang berkaitan dengan Liga Spanyol)," tulis klub di situs resmi mereka.

"Mengingat situasi ini, Messi tidak akan melanjutkan hubungannya dengan Barcelona. Kedua belah pihak sangat menyayangkan keinginan pemain dan klub tidak dapat terpenuhi."

"Barca mengucapkan terima kasih dengan sepenuh hati kepada pemain atas kontribusinya dalam membesarkan klub dan mendoakan yang terbaik untuk masa depannya dan karier profesionalnya."

Sekadar informasi, ada skema batasan gaji di Liga Spanyol. Total dari 20 klub peserta Liga Spanyol, maksimal hanya diizinkan mengeluarkan uang untuk gaji pemain sebesar 2,33 miliar euro atau sekira Rp39,5 triliun per tahunnya.

Baca juga: Media Korsel: Pratama Arhan, 'Senjata Rahasia' Timnas Garuda

Sementara untuk Barcelona sendiri, mereka kebagian jatah 382,7 juta euro atau sekira Rp6,49 triliun. Karena skema inilah, ditambah situasi pandemi Covid-19, membuat Lionel Messi bersedia dipotong gajinya hingga 50 persen.

Karena itu, untuk menyelesaikan detail kontrak, Lionel Messi tiba di Barcelona pada Rabu 4 Agustus 2021. Tak disangka sehari kemudian, Lionel Messi tak bisa didaftarkan Barcelona untuk berkiprah di seluruh kompetisi Spanyol pada 2021-2022.

Kepergian Messi dari Barcelona menjadi momen bersejarah bagi klub. Dia pertama kali bergabung dengan akademi klub, La Masia, pada 2000 saat usianya 13 tahun dan telah memainkan 778 pertandingan untuk klub, memecahkan rekor penampilan Xavi Hernandez musim lalu.

Baca juga: Ernando Ari, Jalankan Dua Tugas Sekaligus

Pemain internasional Argentina itu juga telah mencetak 672 gol, rekor klub lain, dan telah membantu Barcelona memenangkan sejumlah trofi, di antaranya, 10 gelar La Liga dan Liga Champions pada empat kesempatan.

Dalam prosesnya, Messi telah memenangkan enam Ballon d'Or. Ia dianggap sebagai pemain hebat di dunia. Dsy17

Editor : Redaksi

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru