Pemkot Batu Pastikan Harga dan Stok Bahan Pokok saat Ramadhan Aman

surabayapagi.com
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat sidak harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Pasar Relokasi Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (22/3/2023). Foto: Pemkot Batu.

SURABAYAPAGI.COM, Batu - Harga kebutuhan bahan pokok di Kota Batu, Jawa Timur terpantau masih stabil hingga memasuki bulan puasa Ramadhan. Selain harga yang stabil, pasokan atau stok kebutuhan pokok juga aman.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat melakukan sidak harga maupun stok kebutuhan pokok di Pasar Relokasi di Stadion Brantas bersama Forkompimda Kota Batu yang tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Rabu (22/3/2023).

Baca juga: Ribuan PKL akan Direlokasi ke Pasar Induk Among Tani

Aries pun memastikan selama memasuki bulan puasa Ramadhan harga kebutuhan pokok dan stok aman.

"Alhamdulillah dari hasil evaluasi TPID Kota Batu yang terdiri dari Polres Batu, Kodim 0818, Kejaksaan Negeri, dan unsur terkait lainnya di pasar relokasi Kota Batu, dipastikan tidak ditemukan kenaikan kebutuhan pokok yang signifikan seperti beras, minyak goreng, bawang merah, daging ayam dan sapi, harganya masih seperti yang kemarin," jelasnya.

Kenaikan hanya terjadi pada komoditas cabai yang diakibatkan oleh faktor cuaca.

"Harga kebutuhan pokok di Kota Batu rata-rata stabil. Ada kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga namun tidak signifikan. Kenaikan tersebut terjadi sejak dua pekan lalu yaitu cabe merah kecil akibat pasokan dari petani menurun akibat cuaca ekstrim baru-baru ini. Meski begitu, saya kira harga maupun stok kebutuhan pokok saat ini masih aman sampai hari raya nanti," terangnya.

Menurut Aries, sangat penting untuk menjaga stok barang kebutuhan pokok tetap aman.

“Yang paling penting adalah menjaga stok barang agar tetap aman. Karena kalau stok aman maka harga akan terkendali dan stabil,” katanya.

Meskipun harga kebutuhan pokok dan stok tergolong aman, Aries tetap meminta masing-masing Kepala OPD Kota Batu agar tidak terlena dan terus intens memantau stok dan harga bahan pangan karena diprediksi gejolak kenaikan harga maupun stok kebutuhan pokok akan terjadi pada waktu mendekati hari raya Idul Fitri nanti.

Baca juga: Pemkot Batu Mulai Bongkar Kios Pasar Relokasi

Sebelum melakukan pengecekan sejumlah harga bahan kebutuhan pokok penting di pasar tersebut, Pemerintah Kota Batu melakukan Operasi Pasar untuk memastikan kebutuhan bahan pokok penting masyarakat terpenuhi.

"Kami melaksanakan Operasi Pasar karena menjelang Ramadan, untuk memastikan harga kebutuhan pokok aman dan terkendali serta daya beli masyarakat tetap terjaga," ujarnya.

Turut terlibat dalam operasi pasar itu yakni Kepala Bank Indonesia Perwakilan Malang, Samsun Hadi, Dandim 0818 Malang-Batu, Letkol Taufik Hidayat, Kepala BPS Batu, Tomas Wunang, Sekda Kota Batu, Zadim Effisiensi, Perwakilan Kajari Batu, Perwakilan Polres Batu dan TPID Kota Batu.

Lebih lanjut, ia mengaku telah meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Batu untuk segera menyalurkan bantuan sosial selama bulan suci Ramadhan. Hal tersebut agar daya beli masyarakat bisa terjaga dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih tenang dan mencukupi.

Baca juga: BPBD Kota Batu Canangkan Pembentukan Wisata Tangguh Bencana

"Kita ingin selain menjaga stok tetap aman dan terkendali, harapannya daya beli masyarakat bisa terjaga. Maka selama bulan suci Ramadan in segala bantuan sosial dan lainnya kita salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," tuturnya.

"Begitu juga nanti menjelang akhir bulan suci Ramadan, saya sudah menginstruksikan untuk kembali mencairkan dan menyerahkan berbagai insentif bagi masyarakat yang sudah teralokasi sesuai dengan data yang dimiliki Pemerintah Kota Batu," imbuhnya.

Berdasarkan pantauan, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Pasar Relokasi Kota Batu stabil, diantaranya daging sapi berkisar antara Rp115.000 hingga Rp120.000 per kilogram, daging ayam Rp33.000 per kilogram.

Sementara bawang merah kualitas super mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp30.000 menjadi Rp34.000 per kilogram, telur ayam Rp28.000 per kilogram dan minyak goreng tercatat Rp21.900 per liter. bt

Editor : Redaksi

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru