Peran Forikan Kabupaten Pasuruan dalam Meningkatkan Angka Konsumsi Ikan dan Menurunkan Angka Stunting

surabayapagi.com
Rapat Koordinasi FORIKAN

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Dalam rangka mensinergikan program/kegiatan untuk mendukung FORIKAN (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) , meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI), dan memberikan kontribusi pada penurunan angka stunting Kabupaten Pasuruan, maka perlu dilaksanakan rapat Koordinasi FORIKAN.

Rapat koordinasi forikan ini selain sebagai sarana silaturahmi, juga sebagai upaya mensinergikan program dan kegiatan di sektor perikanan yang akan dipadukan dengan gerak dan langkah semua unsur terkait melalui gerakan peningkatan konsumsi ikan di kabupaten pasuruan, sehingga diharapkan mampu mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat kabupaten pasuruan untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dengan diversifikasi produk olahan ikan yang beragam dan  jumlah yang memadai.

Baca juga: 2024, BKKBN Jatim Targetkan Angka Stunting Turun 14%

Keberadaan forikan kabupaten pasuruan ini bertujuan untuk :

- Mensinergikan pelaksanaan program/ kegiatan peningkatan konsumsi ikan dengan perangkat daerah dan stakeholder terkait.

- Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui perbaikan gizi masyarakat yang bersumber dari komoditas hasil perikanan. Karena ikan dan produk-produk perikanan lainnya merupakan sumber protein hewani yang relatif murah jika dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya. Ikan sering disebut sebagai makanan untuk kecerdasan karena mengandung omega 3 yang cukup tinggi.

Baca juga: Kasus Stunting Kota Mojokerto Menurun Drastis, Kini Tersisa 2 Persen Saja

- Meningkatkan konsumsi ikan dan menurunkan angka stunting Kabupaten Pasuruan menuju masyarakat yang sehat dan cerdas. 

Pada tahun 2022, salah satu inovasi Bapak Bupati Pasuruan sebagai upaya  untuk menurunkan angka stunting dan meningkatkan investasi sumberdaya manusia yang berkualitas adalah gerakan “Kasih Bersanding Mesra” (keluarga bersih bersama sadar stunting menuju masyarakat sejahtera).

Forikan memiliki peran strategis untuk mendukung dan berkolaborasi pada gerakan Kasih Bersanding Mesra antara lain melalui kegiatan gemarikan berupa sosialisasi edukasi tentang pentingnya makan ikan, dan introduksi atau pengenalan cara mengolah ikan menjadi aneka ragam olahan dan menu keluarga. ris

Baca juga: Penurunan Stunting di Situbondo Lampaui Target Nasional

 

 

Editor : Moch Ilham

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru