Perkim Expo 2022 Tulungagung Dibuka Bupati Maryoto Birowo

surabayapagi.com

SURABAYAPAGI.COM, Tulungagung - Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo secara resmi membuka kegiatan Perkim EXPO 2022, Rabu (24/8/2022) kemarin. 

Event ini digelar dalam rangka Hari Perumahan 2022 dan HUT ke- 77 RI. Adapun tema yang diangkat yaitu Pemenuhan Rumah MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) Tingkatkan Ekonomi Masyarakat.

Baca juga: Pemkab Tulungagung Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Utama

Expo yang dilaksanakan mulai 24 – 25 Agustus 2022 ini digelar di Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Tulungagung.

Di hadapan tamu undangan yang hadir, baik dari pengembang perumahan, akademisi, hingga penyedia komoditas bahan bangunan, Bupati Maryoto mengatakan kebutuhan perumahan adalah hal primer bagi warga masyarakat Tulungagung.

“Sandang pangan dan papan adalah kebutuhan primer yang sangat diperlukan oleh masyarakat. Ini yang menjadi kepentingan kita untuk menyediakan itu kepada masyarakat,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Maryoto Birowo, selama ini menurut data yang dimiliki Pemkab Tulungagung, kebutuhan rumah dibandingkan dengan jumlah penduduk masih sangat tinggi.

“Data di kami, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, kita masih butuh lebih dari 11 ribu unit rumah,” ungkapnya.

Baca juga: Bupati Tulungagung Terima Penghargaan Sebagai Pembina Koperasi Andalan di Hari Koperasi ke 76

Bupati Maryoto menjelaskan, Pemkab Tulungagung sendiri tidak tinggal diam dalam hal ini. Pemkab, kata Bupati, terus berupaya mendorong dan memberikan kemudahan kepada pengembang untuk bisa mengembangkan hunian-hunian baru, demi tercukupinya kebutuhan tempat tinggal bagi warga Tulungagung.

Tidak hanya itu saja, Pemkab Tulungagung, menurut Bupati Maryoto juga terus mengusulkan penambahan rusunawa bagi MBR, maupun renovasi rumah tidak layak huni dan pembuatan rumah-rumah baru untuk warga Kota Marmer.

“Kita terus berupaya memenuhi hal itu, termasuk memberikan kemudahan bagi pengembang untuk mengembangkan usahanya memenuhi hunian yang diperlukan masyarakat. Kita juga sudah mengusulkan penambahan rusunawa,” paparnya.

Sementara PLH Kepala Dinas Perkim Kabupaten Tulungagung, Dwi Ambarwati mengatakan, ada 5 agenda besar dalam pelaksanaan Perkim Expo 2022.

Baca juga: Jumlah Pemotongan Hewan Kurban di Tulungagung Diprediksi Meningkat

“Hari ini adalah pembukaan, kita memiliki agenda lain yang melibatkan banyak pihak. Ada dari pengembang, akademisi, dan lain-lain,” terangnya.

Termasuk ada pameran pengembang perumahan, simposium peringatan Hapernas 2022, lomba instagram reels, lomba fotografi, dan lomba mewarna dan menggambar.

Dwi Ambarwati juga mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Mulai dari perbankan, pengembang perumahan, media, dan sekolah. Can

Editor : Moch Ilham

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru