Sah! Lembaga UKW Unitomo Nyatakan 16 Wartawan Lulus Kompetensi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 23 Jan 2023 20:10 WIB

Sah! Lembaga UKW Unitomo Nyatakan 16 Wartawan Lulus Kompetensi

i

Kontributor Surabaya Pagi Tuban berfoto bersama Wakil Direktur I Lembaga UKW Unitomo, Machmud Suhermono, usai dinyatakan lulus uji kompetensi wartawan.

SURABAYAPAGI.COM, Tuban - Setelah melalui serangkaian uji kompetensi wartawan (UKW) selama dua hari penuh, yang dimulai dari tanggal 21 hingga 22 Januari 2023 di gedung F kampus Unversitas Dr. Sutomo Surabaya, sebanyak 16 wartawan yang menjadi peserta UKW Batch 3 akhirnya dinyatakan lulus kompetensi. Minggu, (22/12/2023).

Keputusan kelulusan uji kompetensi itu, disampaikan langsung dihadapan peserta oleh Wakil Direktur I Lembaga UKW Unitomo, Machmud Suhermono selaku penyelenggara UKW Batch 3 saat sesi penutupan kegiatan berlangsung.

Baca Juga: 2 Pasangan Bukan Pasutri Digerebek di Kos di Tuban

"Dari hasil uji komptensi, Seratus persen peserta UKW Batch 3 dinyatakan lulus," katanya, disambut riuh tepuk tangan peserta yang berasal dari berbagai daerah tersebut.

Lebih lanjut wartawan senior yang kini juga menjabat sebagai Wakil ketua PWI Jatim periode periode 2021-2026 itu, turut memberi pesan pada semua peserta, agar terus meningkatkan kompetensi serta profesionalitas ketika kembali daerah penugasan.

Sebab menurutnya, ketika wartawan dinyatakan kompeten, sama halnya menanggung tanggung jawab agar berperilaku sesuai dengan pedoman profesi yang tertuang dalam UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

"Pesan saya, teruslah meningkatkan kompetensi dan profesionalitas sebagai wartawan ketika menjalankan profesi," imbuhnya.

Baca Juga: Penjualan Alat Tulis di Pasar Tuban Meningkat Hampir 100 Persen

Dalam keberlangsungan UKW batch 3 ini, ditemui kesan berbeda dibanding pelaksanaan uji kompetensi angkatan sebelumnya, Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris lembaga UKW Unitomo, Yoeli atmaji, yakni adanya sembilan peserta yang berasal dari provinsi papua barat, dengan jarak 2.500 Km jauhnya dari kota Surabaya.

Perjalanan panjang yang ditempuh sembilan peserta tersebut, ditambah dengan biaya yang tak sedikit agaknya meninggalkan jejak kesan tersendiri baginya dan lembaga UKW Unitomo.

"UKW kali ini terasa berkesan karena sembilan peserta menempuh jarak yang begitu jauh, dari Papua Barat ke Surabaya untuk mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan Lembaga UKW Unitomo," tuturnya.

Baca Juga: Main Snorkeling, Wisata Air Tawar Baru di Suruan Eco Park Tuban

Dipelaksanaan UKW Batch 3 ini, Lembaga UKW Unitomo sebagai penyelenggara, diketahui melangsungkan dua jenjang uji kompetensi. Yakni uji kompetensi jenjang muda yang diikuti 14 peserta, dimana salah satunya merupakan kontributor Surabaya Pagi daerah Tuban, serta uji kompetensi untuk jenjang utama yang diikuti dua peserta.

Sedangkan untuk penguji kompetensi, lembaga UKW Unitomo melibatkan penguji dari dua unsur lembaga pers. Yakni penguji dari Lembaga pers Dr. Sutomo (LPDS) serta penguji asal PWI Jatim. Her

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU