Pemkab Pasuruan Beserta Warga dan Beberapa Perusahaan Bersihkan Sungai

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Okt 2023 15:04 WIB

Pemkab Pasuruan Beserta Warga dan Beberapa Perusahaan Bersihkan Sungai

i

Beberapa unit mobil yang membawa air untuk membersihkan sungai kedondong. SP/ RIS

SURABYAAPAGI.com, Pasuruan - Belasan mobil tangki air bersih dikerahkan untuk membersihkan sungai kedondong yang kotor dan mengeluarkan bau yang tidak enak akibat limbah perusahaan. Pembersihan sungai tersebut dilakukan dengan cara "digelontor". 

Dari pantauan di lapangan, sebanyak 15 unit tangki terlihat berjajar di pinggiran kali kedondong. Penggelontoran sungai tersebut dilakukan dengan menutup tanggul utama sungai hingga penutup sungai yang jaraknya sekitar 500 meter. 

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Zanariah Ajak Masyarakat Peduli Sampah dan Air di Kota Kediri

Setelah itu, satu persatu tangki berisikan 5000 liter langsung memindahkan air dari tangki ke dalam sungai tersebut sampai penuh. Barulah selanjutnya dilakukan penggelontoran secara manual sampai sampah dan limbah cair tersebut terurai dan hilang bersamaan dengan mengalirnya air dari tanggul utama.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan mengatakan, penggelontoran sungai kedondong merupakan tindak lanjut dari laporan warga yang resah akan bau tidak sedap yang berasal dari sungai tersebut.

Terlebih di musim kemarau, air di sungai kedondong tak mengalir, sehingga hanya menyisakan limbah perusahaan yang pekat dan menempel di dinding sungai itu sendiri.

Baca Juga: Jadi Inisator, Konsursium Jepang Apresiasi Ning Ita Atas Terwujudnya Mou Rekosistem TPST di Pemkot Mojokerto

"Apalagi musim kemarau, jadi sepertinya limbah cair ini pekat dan nempel ke dinding sungai yang berakibat bau kurang sedap dirasakan oleh warga. Maka dari itu, kami lakukan penggelontoran sungai ini," katanya, Kamis (19/10/2023).

Untuk dapat menggelontor sungai tersebut, DLH mengajak 12 perusahaan yang berlokasi di sekitar sungai kedondong. Seperti Behaestex, PT UJK, PT Multi Ekstraksi Indonesia, PT King Dragon Net, PT Ultra Prima Abadi, PT Finexco, PT Miramas, PT CS2 Pola Sehat, PT Setia Pesona Cipta, PT KIB, PT ATI dan PT BPP.

"Karena limbah itu dari perusahaan, ya kami minta untuk ikut berpartisipasi. Ada 12 perusahaan yang ada di situ dan mau untuk membantu penggelontoran sungai kedondong ini," jelasnya. 

Baca Juga: Dewan Minta Pemkot Surabaya Serius Tangani Pengelolaan Sampah TPA Benowo 

Diharapkan, pasca penggelontoran selesai dilakukan, warga dan perusahaan terus bersinergi untuk membuat sungai kedondong tak bau lagi.

"Kalau hujan memang nggak bau karena air mengalir. Setelah ini perusahaan kami harapkan dapat bersinergi dengan warga untuk menjaga sungai kedondong agar tidak bau lagi," terangnya. ris

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU