Viral, Siswi SMK Tewas Tertimpa Baliho Caleg DPR RI, Bawaslu Beri Wejangan Ini

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 14 Jan 2024 11:32 WIB

Viral, Siswi SMK Tewas Tertimpa Baliho Caleg DPR RI, Bawaslu Beri Wejangan Ini

i

Polisi saat mendatangi TKP kecelakaan karena baliho di Jalan Raya Banyumas - Kebumen, Minggu (14/01/2024). SP/ Polres Kebumen

SURABAYAPAGI.com, Kebumen - Baru-baru ini viral sebuah baliho kampanye Calon Legislatif (Caleg) yang sering dipasang dipinggir jalan menimpa seorang siswi SMK di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Akibat insiden tersebut, salah satu siswi meninggal dunia, sedangkan salah satu rekan korban selamat menangis histeris melihat temannya terbujur kaku tak bernyawa.

Sementara alat Peraga Kampanye (APK) tersebut diketahui milik Caleg DPR RI dari Dapil Jateng 7 (Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purbalingga) dan diduga dari Partai Nasdem .

Baca Juga: Heboh! Video Fenomena 2 Matahari di Langit Mentawai Sumbar, Ahli Cuaca Beri Penjelasan Ini

"Berdasarkan laporan pantauan PKD (Panwaslu Kelurahan/Desa) dan Panwascam diperoleh keterangan bahwa APK tersebut milik Caleg DPR RI. Kami dari Bawaslu tidak melihat sendiri APK (yang menimpa siswi SMK) tersebut," jelas Anggota Bawaslu Kabupaten Kebumen, Imam Khamdani, Minggu (14/01/2024).

Ia juga membenarkan, APK tersebut adalah milik dari politisi berinisial AY. Diperoleh informasi, caleg tersebut juga telah datang ke rumah korban untuk mengucapkan bela sungkawa.

"Sebenarnya, sejak tanggal 1 Januari 2024 lalu, kami sudah meminta kepada KPU Kebumen agar memberikan peringatan pada Caleg untuk mencopot APK yang melanggar ketentuan. Jika dalam batas waktu hingga tanggal 15 Januari tidak dilaksanakan, maka Bawaslu akan melakukan penertiban. Saat dilakukan pantauan, APK (yang menewaskan siswi SMK) tersebut tidak ada. Dari informasi di lapangan, APK itu dipasang malam sebelum peristiwa (Selasa malam)," terang Imam.

Sementara itu, pihak Kapolres Kebumen, AKBP Recky mengatakan hingga saat ini masih ditangani jajarannya. Recky menjelaskan, baliho milik caleg tersebut dipasang oleh pihak ketiga. Pemasangan baliho tersebut saat ini masih dalam penanganan oleh Bawaslu Kebumen.

“Yang pasang baliho pihak ketiga dan sedang ditangani oleh bawaslu,” jelasnya.

Terkait informasi di media sosial yang menyebut, korban sempat ditabrak dan diseret oleh sebuah mobil, Recky mengatakan hal itu masih dalam penyelidikan. Saat ini, polisi masih melakukan penyelidikan dan pendalaman.

“Belum bisa dipastikan kaitan dengan ditabrak mobil dan terseret. Dari olah TKP tidak ada benturan dengan mobil. Ini masih kita periksa saksi-saksi juga, jadi belum berani mengatakan laka tunggal,” tandasnya.

Baca Juga: Tim SAR Kena 'Prank' Dua Bocah di Brebes, Dikira Tenggelam, Malah Jadi Penonton di Pinggir Sungai

Terkait hal itu, Sekjen Bawaslu RI Ichsan Fuady meminta agar peserta pemilu tertib dalam pemasangan alat peraga kampanye.

“Kami respons adalah harapannya adalah semua bisa tertib jadi tidak membahayakan orang lain,” kata Fuady, Minggu (14/01/2024).

“Maka semua pihak harus sadar tentang itu semua harus saling mendukung,” imbuhnya.

Selain itu, Fuady juga meminta agar masyarakat turut berpartisipasi aktif dalam mengawasi jalannya pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Harapannya rakyat bisa bersama Bawaslu bisa mengawasi pemilu dalam rangka tegaknya keadilan Pemilu,” ungkapnya.

Baca Juga: Guru Olahraga di Subang yang Selingkuh dengan Siswi Kelas 12, Ternyata Sering Diberi Uang Bulanan

Diketahui sebelumnya, seorang siswi sebuah SMK swasta meninggal diduga akibat tertimpa baliho Caleg DPR RI, Rabu (10/01/2024) sekitar pukul 14.30 WIB. Siswi tersebut berinisial SR (18), siswa kelas XII jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen.

Saat itu, SR berboncengan dengan temannya berinisial SI (19) hendak pulang ke rumah berboncengan sepeda motor. Sesampai di lokasi, salah satu APK tertiup angin dan menimpa motor kedua korban. 

Saat kejadian helm yang dipakai oleh korban terlepas dan membuat luka yang serius di bagian kepala. SR korban tewas merupakan warga Desa Kedungwringin, Kecamatan Sempor ini masih duduk di bangku SMK Tamtama Karanganyar. kbm-01/dsy

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU