Home / Peristiwa : Prediksi Rocky Gerung

Hubungan Jokowi - Prabowo, akan Retak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 31 Mar 2024 21:27 WIB

Hubungan Jokowi - Prabowo, akan Retak

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Saya memprediksi hubungan baik antara Presiden Joko Widodo dengan Prabowo tak akan berlangsung lama. Hubungan mereka akan retak, disertai pertengkaran, terutama terkait ego politik masing-masing.

Menurut sayax pertengkaran antara Jokowi dengan Prabowo itu menyangkut keberlangsungan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN). Proyek ini bisa jadi terbentur dengan program makan siang gratis. Mengingat dua program ini sama-sama menyedot dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sangat besar.

Baca Juga: Kesimpulan Paslon 01 dan 03: Sumber Masalahnya, Gibran dan Cawe-cawenya Jokowi

Dalam pandangan saya, Jokowi tentu akan mendorong IKN tetap berjalan, sementara Gerindra menginginkan program makan siang gratis cepat terealisasi.

Artinya ada pertengkaran antara Jokowi dan Prabowo, dan tentunya pasti akan terjadi. Kenapa? Karena APBN itu batas dari ambisi politik keduanya.

Ini berkaitan dengan ambisi politik yang diterjemahkan dalam APBN.

Saat ini, pendapatan pada APBN mencapai Rp 1.800 triliun, namun pengeluaran sudah mencapai Rp 2.800 triliun.

Baca Juga: Prabowo Presiden, Gerindra Sapu Bersih 39 Pilkada di Jawa Timur

Sementara buat bikin IKN itu perlu dana Rp 450 triliun, buat makan siang gratis Rp 450 triliun. Lalu bayar utang Rp 400 triliun, bayar bunga utang Rp 500 triliun. Totalnya 1.800 triliun. Sedangkan 20 persen dari total itu harus dipakai untuk pendidikan. Jadi bayangkan bagaimana mungkin secara makro ekonomi, Prabowo bisa membuat negeri ini makmur kalau seluruh anggaran itu dipakai habis. Ingat! Pendapatan kita cuma Rp 1.800 triliun, pengeluaran kita Rp 2.800 triliun.

Jujur, saya tak akan mau jika diminta menjadi menteri di kabinet Prabowo. Dan saya akan masuk kabinet jika saya sendiri yang menginginkannya.

Jadi kalau diminta Pak Prabowo untuk jadi menteri, saya akan bilang, saya jangan diminta, saya menginginkan. Saya tegaskan, jika masuk dalam kabinet Prabowo-Gibran, saya ingin menjadi Jaksa Agung. n rmc

Baca Juga: Momen Prabowo Subianto Hadiri Ultah Titiek Soeharto ke-65, Makin Mesra Sempat Cium Pipi

 

*) Prediksi ini diungkapkan seusai acara Tabayun Puisi dan Ngaji Kebangsaan di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (30/3/2024).

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU