Penyesuaian Tarif Niaga dan Industri Disambut Positif Pelanggan Rumah Tangga

author M. Aidid Koresponden Gresik

- Pewarta

Kamis, 06 Jun 2024 20:58 WIB

Penyesuaian Tarif Niaga dan Industri Disambut Positif Pelanggan Rumah Tangga

i

Kantor Pusat Perumda Giri Tirta Gresik. SP/Grs

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Kenaikan tarif niaga dan industri oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Giri Tirta disambut positif oleh masyarakat Gresik khususnya pelanggan rumah tangga. Penyesuaian tarif kelompok niaga dan industri akan menjadi sistem subsidi yang berdampak peningkatan pelayanan air bersih untuk masyarakat.

"Ini (penyesuaian tarif niaga dan industri) bagi kami, pelanggan rumah tangga sangat positif. Karena akan berdampak kepada perbaikan pelayanan pelanggan rumah tangga. Nanti Giri Tirta akan bisa melakukan peremajaan pipa yang sudah tua yang kerap bocor," ungkap Ummi Khulsum, warga Gresik, Kamis (6/6/24).

Baca Juga: Pedagang Waduk Bunder Kecewa Sikap Arogan Kepala Dinas PUTR dan Camat Kebomas

Dikatakan Ummi, ia memahami kesulitan perusahaan air bersih milik Pemkab Gresik itu. Dengan menaikan tarif niaga dan industri artinya manajeman Giri Tirta memiliki pertimbangan yang baik.

"Nanti akan kembali kepada pelayanan untuk pelanggan masyarakat biasa. Namanya juga perusahaan pasti mencari untung. Tetapi untungnya mengambil dari industri untuk mengatasi pelayanan pelanggan masyarakat atau rumah tangga," imbuhnya.

Ia juga meminta dan memberi kritik kepada manajemen Giri Tirta agar jika memang harus terganggu pelayanan air bersih atau mampet setidaknya jangan sampai 24 jam. Karena kata dia, rata-rata tandon air warga hanya bisa bertahan tidak lebih dari 24 jam.

Baca Juga: Pedagang Kecil Waduk Bunder Protes Penggusuran Mendadak Pihak BBWS

"Kami pelanggan rumah tangga hanya minta itu. Yang pasti harus kita akui ada banyak yang dilakukan untuk memperbaiki pelayanan. Salah satunya dengan menaikkan tarif niaga dan industri," bebernya.

Direktur Utama Perumda Giri Tirta Kurnia Suryandi menjelaskan, penyesuaian tarif untuk niaga dan industri sudah dikaji secara matang. Dengan harapan dan tujuannya untuk mencapai peningkatan pelayanan rumah tangga.

"Memperbaiki peningkatan pelayanan tidak bisa serta merta. Tetapi harus melewati tahapan yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Banyak hal yang kita perbaiki, termasuk soal SDM kota juga PR yang tidak mudah," ungkapnya.

Baca Juga: Bangunan Baru dan Pengurukan Lahan PT HPS Diduga Tak Berizin

Ia menegaskan kenaikan tarif niaga dan industri akan kembali kepada pelanggan khususnya untuk masyarakat sehingga butuh tahapan dan penyesuaian tarif nonrumah tangga.

"Kita ini pelayanan. Untuk pencapaian kita menggunakan cara yang bisa diterima akal. Karena ketentuan kenaikan untuk niaga dan industri sudah diperhitungkan dengan matang. Ujungnya adalah untuk pelayanan semua pihak. Utamanya adalah pelanggan rumah tangga," tutupnya. grs

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU