Swasembada Pangan, Petani di Batu Dapat Pupuk Subsidi Tambahan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 23 Jun 2024 14:49 WIB

Swasembada Pangan, Petani di Batu Dapat Pupuk Subsidi Tambahan

i

Ilustrasi. Petani sedang memupuk tanamannya. SP/ BTU

SURABAYAPAGI.com, Batu - Alokasi pupuk subsidi di Pemerintah Kota (Pemkot) Batu mendapat jatah tambahan. Tentu hal itu dapat mendukung swasembada pangan di sekitarnya hingga nasional yang bisa dimanfaatkan oleh petani. 

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu pun berupaya memaksimalkan serapan pupuk subsidi yang dialokasikan. Diketahui, alokasi pupuk subsidi masih didominasi Kecamatan Junrejo. Sementara yang paling sedikit mendapatkan alokasi adalah Kecamatan Bumiaji, dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya jumlah komoditas sasaran subsidi yang ditanam.

Baca Juga: KP3 Probolinggo Bakal Tambah Kuota Pupuk Subsidi Lebih dari 100%

"Turunnya tambahan ini memang baru Mei kemarin. Jadi, harus kejar lagi di semester kedua. Nanti sampai akhir tahun masa tanam kedua dan tiga," terang Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu Puspa Permanasari, Minggu (23/06/2024).

Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu Puspa Permanasari membeberkan, pupuk subsidi Urea di tiga kecamatan sebelumnya 244 ton. Kini jumlahnya menjadi 418 ton. Sedangkan NPK yang semula 246 ton menjadi 526 ton.

Baca Juga: Kementan Tambah Kuota Pupuk Subsidi Kabupaten Situbondo

"Semua masih di bawah RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani). Karena alokasinya bertambah, maka hitungan serapan yang sebelumnya sudah 33 persen jadi 18 persen," jelasnya.

Untuk diketahui, 85 persen pertanian subsidi didominasi hortikultura. Pada ketentuan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 1 tahun 2024 tentang pupuk subsidi, ada 9 komoditas tanaman pangan yang mendapat jatah subsidi.

Baca Juga: Awal 2024 Alokasi Jatah Pupuk Subsidi Menyusut, Para Petani Ketar-ketir

Namun, hanya bawang dan cabai yang mayoritas ditanam di sejumlah lahan hortikultura di Kota Batu. Sehingga tak semua pertanian mendapatkan subsidi pupuk.

Diupayakan, untuk alokasi masing-masing kecamatan tidak timpang serta sesuai dengan yang dibutuhkan petani di bawah binaan dinas melalui kelompok tani. btu-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU