Desa Kedung Cangkring Kecamatan Jabon Melakukan Revitalisasi Fungsi Kali

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 06 Des 2023 09:08 WIB

Desa Kedung Cangkring Kecamatan Jabon Melakukan Revitalisasi Fungsi Kali

i

Kanal Mobel Kedung Cangkring Jabon, tampak di malam hari indah mempesona, Rabu (06/12/2023). SP/Hikmah

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Banyaknya lampu hias berwarna-warni yang bergelantungan tengah sungai kanal Mobel Kedung Cangkring, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo merubah wajah kanal mobel sungai perbatasan dengan Desa Gempol Kabupaten Pasuruan, di malam hari sungguh indah mempesona, Rabu (06/12/2023).

Nampak jembatan kecil yang membentang juga didekorasi dengan lampu hias, hasilnya sungguh indah. Dekorasi aneka warna lampu bercahaya juga menjadi spot selfie yang tidak boleh terlewatkan.

Baca Juga: Perbaikan Sekolah Rusak Terdampak Bencana Alam Jadi Prioritas

Sedikit gambaran sungai Kanal Mobel Kedung Cangkring yang diubah Pemerintah Desa Kedung Cangkring Yudianto selaku Kepala Desa bersama warganya untuk ikut Program Sidoarjo Revitalisasi Fungsi Kali atau Sido Resik 2023. 

“Kanal Mobel Kedung Cangkring merupakan wisata Sidoresik yang berkelanjutan. Jadi jangan sampai setelah lomba tinggal kenangan. Maka dari itu insyaallah di wisata Kanal Mobel akan ada wahana permainan air seperti kolam renang anak dan permainan lainnya,” terang Yudianto selaku Kepala Desa Kedung Cangkring, Kecamatan Jabon, Rabu (06/12/2023).

Setelah dipercantik. Sungai kanal Mobel Kedung Cangkring juga dicat warna warni pada tanggul Kali Brantas, kemudian telah dibangun sebuah bangunan permanen untuk tempat cangkrukan menjadi Sebuah destinasi wisata sungai yang indah dan bersih. 

Baca Juga: Curanmor di Sidoarjo Juga Sasar Kos-kosan

Sementara itu lokasi kanal mobel yang sangat strategis karena  berada di dekat kali brantas dan jalan umum satu satunya akses penghubung masuk ke wilayah Kecamatan Jabon maupun yang ke arah Porong sekitarnya.

Konsep yang diusung Wisata Sido Resik kanal mobel Kedung Cangkring adalah wisata kuliner malam, berbagai macam kuliner disajikan warga nantinya. Kuliner bersama keluarga pastilah menyenangkan di tempat tersebut. 

Baca Juga: Harga Beras masih Tinggi, Warga Berharap Disperindag Turun Tangan

“Tak lupa, di Kanal Mobel juga ada wisata kuliner khas desa Kedung Cangkring seperti gule sate/asem2/asap-asap mujair dan ikan bakar khas binaan UMKM bumdes Desa Kedung Cangkring dan insyaallah batik desa Kedungcangkring akan saya hidupkan lagi setelah sekian lama tidak berproduksi,” terangnya.

Sembari makan sambil menikmati keindahan sungai. Pernak-pernik hiasan di jalur sepadan tepatnya sungai Pejarakan tersebut sungguh indah mempesona di malam hari. 

Wisata Sido Resik kanal mobel KedungCangkring, bagi keluarga yang membawa anaknya telah menyediakan wisata air berupa perahu dayung untuk melintasi kali Pejarakan di sepanjang Kedung Cangkring. Hik

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU