Kovre, Distributor dan Roaster Kopi Ternama di Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 20 Apr 2021 15:48 WIB

Kovre, Distributor dan Roaster Kopi Ternama di Surabaya

i

Kovre melakukan launching Sonication dan Roastery. SP/ Satrya Nugraha

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kegiatan minum kopi yang lekat dilakukan masyarakat Surabaya menjadikan lahan bisnis yang menjanjikan bagi tiga serangkai ini. Awal mula bisnis distributor kopi yang didalami oleh Wahyudinata Sutanto (Founder), Aden Kurniawan (Co-Founder dan Head Roaster), dan Kevin Yosi (Chief Operating Officer) ini berawal dari sistem pre-order Premium Quality Kopi Gold Wine,  dan menjadikan produk tersebut sebagai langkah awal mereka bergelut dalam dunia distributor kopi yang ada di Surabaya.

Kovre terbentuk sejak 10 Oktober 2020, dengan bermodal pengalaman mereka menggeluti dunia kopi dengan sistem pre order yang hingga saat ini masih dilakukan, mereka melanjutkan satu langkah lebih maju dengan pembukaan divisi baru yaitu Roastery pada bulan Desember 2020.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

Kegiatan Roasting, produksi, dan juga pelayanan pemesanan untuk para pelanggan jika ada yang ingin memesan biji kopi dari berbagai macam daerah yang mereka miliki yang berada digudang distribusi dengan alamat Jalan Rungkut Industri 1 Nomer 35.

Kegiatan Roasting sendiri merupakan proses dimana biji kopi mentah yang di sangrai dengan menggunakan mesin roasting hingga mencapai tingkat kematangan yang sesuai dan memakan waktu sekitar 15 menit untuk prosesnya.

Kovre menggunakan mesin roasting merk Probat hasil buatan Jerman pada tahun 2011 yang memiliki kapasitas 5 kilo. Kopi memiliki beragam cita rasa berdasarkan dari daerah, ketinggian tanam, curah hujan, proses paska panen, dan dipetik pada saat buah berwarna merah. Sehingga cita rasa asam, pahit, dan manis yang dihasilkan oleh kopi memiliki karakteristik yang unik dan beragam.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Aden Kurniawan sedang melakukan Roasting Kopi. SP/ Satrya Nugraha

Kovre sendiri memproduksi berbagai macam Roasted Beans dari berbagai macam daerah, meliputi biji kopi dalam negri hingga luar negri. Banyaknya varian kopi yang disuguhkan untuk customer, menjadikan mereka distributor kopi yang terpercaya sebagai pemilik beberapa UMKM yang ada di Surabaya, Malang, Jakarta, Sidoarjo, Balikpapan, Bali, Bandung dan Madiun.

"Awal mulanya memang dari sistem Preorder premium quality kita yang memiliki nama Gold Wine, itu adalah kopi proses fermentasi yang menghasilkan cita rasa unik seperti wine yang siap saji dalam kemasan botol  dengan tambahan Edible Gold di dalamnya. Jadi mengandung sparkling emas di dalam minuman kopi tersebut yang berguna untuk terlihat berkualitas premium dan emas tersebut mampu menahan suhu dingin untuk minuman Gold Wine. Dan setelah itu Kovre terbentuk, itu merupakan satu langkah kedepan bagi kami sendiri. Pembukaan warehouse, Roastery, dan Kantor Distribusi yang kami butuhkan untuk mendukung eksistensi kami sendiri bagi masyarakat sekitar. Hingga saat ini kita bisa mendistribusikan sebanyak 200 Kilo untuk bulan kemarin, dan bulan ini ada target mencapai 300 kilo," ujar Aden Kurniawan, Head Roaster dan Co-Founder Kovre. Selasa (20/4/2021)

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

Kovre juga melakukan satu inovasi riset kopi yang belum pernah ada di Surabaya yaitu produk bernama Sonication, memiliki basis minuman kopi dingin (cold brew) yang di ekstrak menggunakan soundwave melalui musik.

Cita rasa unik yang dihasilkan dari gelombang suara tersebut memberikan karakteristik seperti teh, buah-buahan, dan memiliki aroma seperti bunga. Dengan memiliki tampilan warna seperti teh tetapi terbuat dari kopi.  Mereka juga melakukan beberapa kolaborasi dengan Crazy Rich Surabaya untuk mempromosikan setiap produk terbaru mereka Via Instagram.

Kovre juga sedang bersiap melakukan pembukaan Coffee Lab dan Coffee Shop mereka untuk berapa waktu kedepan, karena banyaknya permintaan masyarakat untuk produk mereka. Str

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU