Home / Ekonomi dan Bisnis : Melongok Rumah Duka Grand Heaven Surabaya (4-Habis

Umat Muslim Bisa Tahlilan di Grand Heaven

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Jun 2022 20:22 WIB

Umat Muslim Bisa Tahlilan di Grand Heaven

i

Salah satu sholat jenazah yang dilakukan di Grand Heaven di Jakarta, lengkap sekaligus acara tahlilan. (Foto: dokumentasi heaven.co.id)

Grand Heaven mempunyai paket-paket khusus yang disediakan kepada berbagai kalangan, tidak terkecuali paket khusus bagi keluarga yang beragama Muslim. Meskipun, beberapa kalangan beranggapan rumah duka sejenis Grand Heaven hanya menyediakan bagi keluarga yang beragama Konghucu, Budha, Nasrani, hingga Hindu, akan tetapi Grand Heaven berbeda.

 

Baca Juga: Beri Penghormatan Pada Leluhur, Seratus Umat Budha Ikuti Ritual Cheng Beng di Grand Heaven

=====

 

“Kami menerima siapapun, keluarga manapun dari beragam agama di Indonesia. Intinya, enam agama di Indonesia, kami bisa melayani,” jelas Andreas, kepada tim Surabaya Pagi, ketika berbincang di lobi area Grand Heaven Surabaya yang terletak di Jalan Raya Taman, Ketegan, Taman, Kabupaten Sidoarjo.

Untuk itu, lanjut Andreas, pihaknya menyediakan paket Ar-Raihan bagi keluarga muslim yang sedang berduka. Paket tersebut dipatok dengan harga Rp 6,5 juta, sudah termasuk mendapat fasilitas pengurusan tempat pemakaman umum di area Surabaya dan Sidoarjo.

Hal ini dikarenakan, sejak awal membuka cabang di Surabaya, Grand Heaven sudah berkomitmen untuk melayani semua kalangan. “Bahkan kami sebelumnya sudah komunikasi ke pemda setempat, baik di Pemkot dan Pemkab, terkait TPU yang akan dipakai untuk pemakaman,” lanjut Andreas.

Bagaimana bila pihak keluarga sudah memiliki tempat pemakaman keluarga yang diluar TPU yang sudah dalam daftar Pemkot Surabaya dan Pemkab Sidoarjo? Grand Heaven sendiri membuka tangan lebar-lebar bagi keluarga yang sudah memiliki tempat pemakaman khusus keluarga. Atau bahkan, bila pihak keluarga mempunyai tempat pemakaman diluar Surabaya dan Sidoarjo, pihak Grand Heaven pun bisa memfasilitasi.

“Tak ada masalah, kami akan tetap layani. Bahkan pernah ada pihak keluarga minta dimakamkan di Lawang, kami bisa akomodir. Jadi kami beri pelayanan sepenuh hati dan memberikan kepedulian kepada keluarga yang berduka,” jelas Andreas.

Dengan harga Rp 6,5 juta untuk paket Ar-Raihan, bagi jenazah yang beragama Muslim, sudah mendapat fasilitas ruang duka di lantai 6 dengan ukuran 4x18 meter. Fasilitas itu sudah termasuk jasa pemandian dan perawatan jenazah, mengafani jenazah, hingga gratis air mineral hingga 5 dus.

Baca Juga: Sambut Idul Fitri 1445 H, Grand Heaven Santuni Ratusan Warga Pra Sejahtera

Apalagi, Andreas menambahkan, pihak Grand Heaven dapat langsung mengantarkan jenazah ke TPU Surabaya atau Sidoarjo yang ditunjuk, dengan armada ambulance berbagai merek yang tersedia. Mulai dari mobil standar seperti KIA, Hyundai, hingga berkelas seperti Mercedes Benz.

Jasa pelayanan yang ditawarkan bagi umat Muslim ini lebih terjangkau dan acara persemayaman di rumah duka juga tidak akan mengganggu tetangga. Pihak keluarga juga tidak bingung untuk mempersiapkan karena Grand Heaven sudah menyediakan fasilitas yang lengkap bagi keluarga.

Bahkan, Grand Heaven juga menyediakan tempat untuk ibadah sholat jenazah dan menggelar tahlilan. Kami juga bisa menunjuk tokoh agama Islam apabila pihak keluarga membutuhkan. “Kalau ada yang ingin meminta bantuan, kami juga mengajak masyarakat sekitar sini untuk mendoakan di musala,” lanjut Andreas.

Dari pandangan tim Surabaya Pagi yang diajak room tour di lantai 6 Grand Heaven Surabaya, lokasi ruang duka sangat representatif, nyaman dan memadai. Di lantai 6 tersebut tersedia sekitar 60 ruang duka.

Masing-masing ruang duka, dipisahkan kerai berwarna putih dengan disediakan 10 meja yang terbuat dari stainless steel. Serta beberapa kursi yang sudah ditata di tiap meja stainless steel itu. Untuk penambahan kursi dan meja pun, pihak Grand Heaven tidak mengenakan biaya tambahan. “Bahkan kalau ada yang membawa makanan dari luar, tidak ada biaya asalkan ada pemberitahuan dari awal ke kami,” timpal Jonathan, marketing Grand Heaven perawakan tinggi ini.

Baca Juga: Sambut Imlek, Rumah Duka Grand Heaven Gelar Baksos

“Di Jakarta sudah pernah ada umat Muslim yang menggunakan jasa kedukaan kami. Mulai dari penjemputan jenazah di rumah keluarga, pemandian dan mengafani jenazah hingga memakamkan di TPU. Kalau di Jakarta di TPU Pondok Ranggon. Sudah pernah beberapa kali. Dan pihak keluarga pun puas dengan layanan kami,” jelas Andreas.

Memang benar, dari penelusuran Surabaya Pagi, dilansir di laman Heaven.co.id, layanan pemakaman untuk umat Muslim ini sudah pernah dilakukan bagi keluarga muslim yang sedang berduka. Juga dalam laman tersebut, terlihat beberapa foto proses penyolatan jenazah di ruang duka Grand Heaven dilakukan bersama tokoh agama yang disediakan oleh Grand Heaven.

Tak heran, dalam pembukaan Grand Heaven Surabaya 3 Desember 2021 yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, pemilik Suwito Muliadi menjelaskan bahwa pelayanan kedukaan di Grand Heaven diutamakan kenyamanan dan fasilitas untuk keluarga yang sedang berduka. Bahkan hingga pengurusan surat kematian saja pun bisa diakomodir. Hal ini dilakukan guna memberikan ketenangan dan kemudahan kepada keluarga yang berduka.

“Kami cepat, ketika seseorang meninggal di rumah sakit atau di rumah, hubungi saja ke Grand Heaven, kami langsung jemput jenazahnya. Sekitar 30 menit juga sudah sampai. Semuanya dibantu, misalnya ke rumah sakit untuk mengambil surat kematian, kami yang akan urus, jadi keluarga tenang,” terang pria yang akrab dipanggil Pak Suwito.

Untuk diketahui, visi dan misi dari Rumah Duka Heaven adalah membantu keluarga yang sedang berduka dengan penuh rasa peduli. Hal ini juga yang membuat Rumah Duka Heaven terus berkembang dan dapat dipercaya oleh masyarakat luas di Indonesia. (radityakhadaffi/lordnaputri)

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU