SURABAYAPAGI.com, Situbondo - Gempa bumi mengguncang Situbondo, Jawa Timur pada Kamis (11/10) dini hari dengan kekuatan 6,3 SR.

Gempa ini menimbulkan getaran hingga Bali. Dewan Penasihat Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Rovicky Dwi Putrohari menjelaskan penyebab gempa situbondo tersebut.

"Kajian ringkas dan sederhana dari data peta geologi serta penelitian struktur geologi daerah sekitar Jawa Madura ini, diperkirakan gempa ini disebabkan karena Sesar Kambing," ujarnya, Kamis (11/10).

Sesar Kambing yakni sesar yang melalui Pulau Kambing dan diperkirakan yang mengangkat Pulau Kambing sehingga muncul ke permukaan.

"Kajian geologi daerah ini pernah dilakukan oleh Awang Satyana dkk yang pernah dipublikasikan di IAGI tahun 2004 ini menunjukkan adanya sesar naik (backthrust)," tambah Rovicky.

Sesar ini diperkirakan juga akibat adanya zona RMKS (Rembang Madura Kangean Sakala).

Zona sesar mendatar ini cukup lebar dan memanjang dari Utara Jawa Timur hingga memotong Pulau Madura, sampai ke Sakala disebelah utara Kangean. Panjangnya zona sesar ini lebih dari 300 Km.

Rovicky menjelaskan saat ini penelitian sesar-sesar aktif hingga saat ini masih kebanyakan sesar yang tersingkap di darat.

"Namun tidak menutup kemungkinan, sesar-sesar dibawah laut ini juga masih banyak yang harus dipetakan," jelasnya. cn