Tim Satgas Pangan dan Beras Polres Lamongan saat melakukan pemantauan di sejumlah Pasar. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Polres Lamongan melalui Reserse Kriminal (Reskrim) seakan tidak ingin kecolongan dengan adanya kabar, kalau bulan ramadhan para copet mulai bertebaran di sejumlah Pasar dan tempat keramaian lainnya, untuk mencari mangsa dan bidikan calon korban.

Untuk memberikan rasa aman itu, Reskrim telah menurunkan tim Jaka Tingkir, tim andalan Reskrim ke sejumlah Pasar dan tempat keramaian lainnya yang ada di wilayah Lamongan.

"Kita sudah sebar tim Jaka Tingkir ke Pasar-Pasar, semoga ini membantu kenyamanan orang berbelanja baik keperluan buka puasa atau persiapan lebaran," kata Kasatreskrim Polres Lamongan AKP Wahyu Norman Hidayat Selasa (14/5/2019).

Tim ini kata Norman panggilan akrab Wahyu Norman Hidayat, disebar di pos-pos dan titik-titik yang dicurigai yang biasa dijadikan bidikan oleh para copet dalam melaksanakan aksinya. "Kita sudah lakukan pemetaan, dan ada beberapa titik yang dicurigai," terangnya.

Karena itu kata Norman, meski pihaknya sudah menerjunkan tim keamanan ke Pasar-Pasar, pihaknya juga meminta kepada masyarakat dan pengelola pasar untuk membantu kinerja Polisi dengan cepat melaporkan kejadian dengan tetap harus meningkatkan kewaspadaan.

Kepada pengelola Pasar, ia meminta untuk memaksimalkan tim Satpam agar selalu mengecek ke lapangan, dengan memfungsikan CCTV. Setidaknya dengan itu bisa menekan upaya para copet untuk beroperasi.

"Satpam Pasar harus sering-sering keliling ke dalam Pasar, dan CCTV yang ada supaya juga tetap on, karena dengan itu juga bisa menekan angka kriminal," terangnya.

Kepada korban kecopetan kata Norman, bisa segera langsung melaporkan kejadian ini ke kantor polisi terdekat, agar bisa melakukan upaya dan tidakan secepatnya dalam menghadang atau mempersempit langkah copet dalam menjalankan operasinya.

Sementara itu, tidak hanya tim Jaka Tingkir yang diterjunkan ke Pasar-Pasar dan tempat keramaian, Polres juga telah menerjunkan tim Satgas Pangan dan Beras, untuk memantau stabilitas harga barang pokok di Pasar di seluruh wilayah Lamongan.

"Tim Satgas Pangan dan Beras juga selalu memantau harga bahan pokok, agar harga tetap stabil, dan tidak mengalami kenaikan yang signifikan, yang ujung-ujungnya merugikan konsumen," pungkasnya. jir