Lantik PNS, Bupati Inginkan ASN ini Perkuat Peran dan Tugas Pemerintahan

surabayapagi.com
Bupati saat menyerahkan SK pelantikan kepada perwakilan PNS. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Sebanyak 481 PNS formasi 2019 resmi dilantik oleh bupati Yuhronur Efendi, di Aula Pertemuan Gajah Mada Pemkab Lamongan, Rabu (1/3/2023). Dalam amanatnya bupati meminta para ASN ini untuk memperkuat peran dan tugas pemerintahan.

“Berdasarkan amanat undang-undang, pemerintah memiliki tugas pokok yakni, menyelenggarakan pembangunan, pemberdayan masyarakat dan pelayanan publik," ujar Bupati.

Baca juga: Atasan dan Bawahan Ini Saling Berhadapan, "Partai" ASN Akhirnya Terbelah

Karena itu, ia yakin, PNS yang baru dilantik ini akan melaksanakan salah satu, atau dua maupun keseluruhan dari tugas-tugas pemerintahan, secara bertanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Untuk mencapai kesuksesan hal-hal tersebut diatas sebagai sumber kekuatan moral lanjut Bupati, aparatur sipil negara perlunya memiliki bekal core values BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) dan meningkatkan kapasitas.

Baca juga: Pj Bupati Probolinggo Ajak ASN Tingkatkan Kinerja

“Dalam reformasi birokrasi harus menghadirkan tata kelola yang dinamis, yakni pemerintahan yang cepat, responsif, efisien, kolaboratif dan memiliki kapasitas yang unggul. Dan untuk menjadi bagian itu kita harus mendesain dengan sikap-sikap yang bisa mensupport pemerintahan, yakni fleksibilitas, kolaborasi, inovasi, serta meningkatkan kapasitas. Dengan begitu saudara-saudara memiliki daya saing unggul,” imbuhnya.

Sementara itu, diterangkan Kepala Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lamongan Shodikin dalam laporannya menjelaskan, pelantikan PNS yang berjumlah 481 orang ini terdiri dari 476 CPNS hasil pengadaan formasi tahun 2019 (300 formasi tenaga pendidik guru, 95 formasi tenaga kesehatan dan 81 formasi tenaga teknis) dan 5 CPNS dari sekolah kedinasan dengan tujuan untuk memberikan pembinaan agar PNS mempunyai kesamaan dan ketaatan kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta memiliki mental yang baik, jujur, bersih, berdaya guna, serta bertanggung jawab.

Baca juga: 50 ASN di Situbondo Absen di Hari Pertama Masuk Kerja

 

“Dengan pelantikan ini, kami berharap para PNS akan cepat beradaptasi dan mempunyai kesamaan dalam ketaatan kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Pemerintah Republik Indonesia serta memiliki mental yang baik, jujur, bersih, berdaya guna, serta bertanggung jawab,” terangnya. jir

Editor : Moch Ilham

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru