Podcast KataNone Beri Efek Positif pada UMKM

surabayapagi.com
Podcast KataNone merupakan sarana komunikasi terbaru bagi Irman untuk menyapa warga masyarakat. SP. SN

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Hampir semua lini kehidupan runtuh akibat pandemi COVID-19. Tak terkecuali sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal itu yang dirasakan seorang penjual peyek asal Makassar, Yuni.

Dahulu, sebelum wabah melanda, setiap harinya Yuni mampu menjual sedikitnya 200 bungkus peyek.

Baca juga: Gedung Bekas Apotek Disulap Jadi Toko Pusat Oleh-oleh Khas Jombang

Namun, ketika corona mulai "menggila", Yuni tidak ada pilihan lain. Jualannya benar-benar terhenti. "Karena sekolah kan libur. Jadi, otomatis tidak ada tempat bagi saya menitipkan dagangan," jelasnya, selasa (12/5/2020).

Baca juga: Pemkab Bangkalan Kurasi Promosi Dagang 20 UMKM

Menurut Irman Yasin Limpo, Yuni tidak sendiri. Mayoritas UMKM pasti mengalami hal yang sama selama pandemi berlangsung. Apalagi di beberapa kota telah ditetapkan status PSBB. Sehingga mempersulit orang untuk berinteraksi.

Baca juga: Banyuwangi Jadi Pilot Project Pengembangan UMKM Secara Nasional

Lebih lanjut, adik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo itu mengatakan UMKM harus menjadi pondasi perekonomian rakyat. Sehingga harus survive. "Untuk itu dengan pembelajaran dari Covid ini perlu disiapkan regulasi dan strategi khusus untuk UMKM. Jangka pendek saya membantu dengan promosi di podcast KataNone, minimal bisa bertahan dalam situasi wabah Covid 19," tegasnya.

Podcast KataNone merupakan sarana komunikasi terbaru bagi Irman untuk menyapa warga masyarakat. Ada beberapa segmen dalam tayangan tiap harinya. Mulai dari diskusi, endorse UMKM, hingga kuis. "Endorse UMKM ini gratis sebagai upaya membantu masyarakat kecil dan menengah. Setiap harinya ada lebih dari 5 produk masyarakat yang dikenalkan," tegasnya. sb/dsy

Editor : Redaksi

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru