Kemendag Jadikan Maroko Sebagai Hub untuk Pasar Afrika

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 03 Mei 2024 19:13 WIB

Kemendag Jadikan Maroko Sebagai Hub untuk Pasar Afrika

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) menjadikan Maroko sebagai hub untuk pasar Afrika.

"Kenapa Maroko dipilih karena Maroko ingin kami jadikan sebagai hub untuk pasar Afrika," ujar Direktur Jenderal PEN Didi Sumedi di Jakarta, Jumat (3/5).

Baca Juga: Indonesia-Jepang Bahas Protokol Perubahan IJEPA

Didi mengatakan bahwa Kemendag telah melakukan misi dagang ke Maroko dan menghasilkan potensi transaksi 16,98 juta dolar AS atau setara Rp276 miliar.

"Alhamdulillah sebagai gebrakan pertama kita sudah menghasilkan potensi transaksi tersebut," katanya.

Tujuan misi dagang ke Maroko tersebut dalam rangka untuk meningkatkan penetrasi ekspor Indonesia ke pasar negara-negara di Afrika.

"Walaupun di Afrika sendiri kami sudah mempunyai Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) di dua negara yakni Nigeria dan Afrika Selatan. Afrika kita 'kepung' melalui tiga hub tersebut, karena memang potensi di Afrika cukup besar di mana permintaannya seiring dengan produk-produk nasional kita yang dibutuhkan di Afrika," kata Didi.

Baca Juga: Kebijakan Impor Dirombak, 7 Komoditas Dapat Relaksasi

Sebagai informasi, Maroko memiliki posisi penting bagi Indonesia, terutama dalam perannya sebagai mitra dagang nontradisional serta sebagai hub untuk memasuki pasar Afrika Utara.

Potensi kerja sama Indonesia dan Maroko masih memiliki peluang yang sangat besar karena saat ini kedua negara masih merumuskan Prefential Trade Agreement (PTA). Hal tersebut diharapkan dapat memberikan katalis pada nilai perdagangan di kawasan Afrika Utara.

Kegiatan misi dagang ke Maroko bertujuan untuk memperkuat penetrasi produk Indonesia ke pasar Afrika Utara. Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun kerja sama bisnis dengan mempertemukan pelaku usaha Indonesia dengan calon mitranya dari Maroko dan negara sekitarnya.

Baca Juga: Kemendag Kaji 2 Kebijakan Baru Terkait Migor

Kementerian Perdagangan mendorong pengembangan ekspor salah satunya ke kawasan Afrika. Kawasan Afrika merupakan pasar potensial untuk produk Indonesia.

Kemendag selalu memberikan dukungan kepada para pelaku usaha, apalagi yang dapat memberikan kontribusi terhadap kinerja ekspor Indonesia. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU