Sebagian Hutan di Lamongan Kini Mulai Ditanami Talas oleh Petani

surabayapagi.com
Penanaman talas beneng di lahan perhutani di Ngambang sudah mulai. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Petani yang ada di sekitar wilayah hutan di Lamongan selatan sudah mulai membudidaya talas beneng yang harganya belakangan cukup ekonomis. Bahkan tanam makanan jenis polo pendem ini dilakukan secara serentak oleh petani di Desa Tlemang Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Jum'at (5/11/2021).

Baca juga: Sempat Bertegur Sapa, Abdul Rouf dan Robai ini Daftar Bacabup ke PDIP dan PKB

Bahkan petani di sekitar hutan cukup antusias karena mereka menanam talas di lahan yang sudah mendapatkan Ijin Pemanfaatan Hutan Perhutani Sosial (IPHPS) dari Pemerintah. "Tentu perijinan ini penting, agar petani menanam ini bisa fokus dan tentu hasil bagus juga yang diharapkan," kata perwakilan Bakorwil Bojonegoro Agung Subagyo.

Disebutkan olehnya, setelah menyaksikan langsung penanaman talas ini, ia sangat bangga dengan kerja keras para petani yang tidak mengenal lelah. "Saya cukup bangga dengan semangat petani ini, semoga tanaman ini menghasilkan dan bisa meningkatkan kesejahteraan petani," harapnya.

Budidaya tanaman ini juga diharapkan mampu mendongkrak taraf kesejahteraan petani. Sehingga diperlukan  kerja sama yang bersinergi dari berbagai pihak, karena petani masih membutuhkan fasilitas pendukung guna mencapai hasil pertanian yang optimal.

Hal senada juga disampaikan oleh Lia Istifhamah ketua DPP perempuan HKTI Jatim,  bahwa peningkatan kesejahteraan petani harus diikuti beberapa faktor diantaranya fasilitas dan SDM (sumber daya manusia) yang kreatif, sehingga terbentuk mata rantai yang erat mengikat untuk keberhasilan yang maksimal.

Baca juga: Debby Putra Fadeli Ramaikan Persaingan Perebutan Rekom DPD PAN

Sebagai rekanan petani talas Beneng Rita Lestari selaku direktur utama PT GIA menyampaikan untuk membangun jalinan kerja sama yang bisa membantu keberhasilan penanaman talas Beneng dengan hasil yang melimpah.

Ketua Gapoktan ""terik sejahtera"" Tamsir Mengungkap apresiasi dan aspirasi bahwa petani masih sangat membutuhkan dukungan dari pihak terkait, agar para petani tidak mengalami kesulitan saat masa penanaman juga waktu panen dengan hasil pertanian yang melimpah. Untuk itu dengan kehadiran pihak terkait di acara ini diharapkan mampu menampung aspirasi dan keluhan para petani.

Ketua Gerai UMKM Nusantara Reni Setiawati dalam kesempatan itu mengatakan, pihaknya terus mendorong petani agar bisa mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan, dan petani bisa meningkatkan kesejahteraan nya  Penanaman talas ini sebagai bagian ikhtiar petani yang tepat, karena saat ini lagi musim hujan, dan potensi tanaman ini bisa berhasil cukup besar, apalagi pasar sudah ada dan jelas.

Baca juga: Bersaing Ketat dengan Khusnul Yakin, Pak Yes Resmi Mendaftar Bacabup dari PAN

"Kami yang di UMKM terus mendorong dan support kepada petani agar bisa bertanam dan menghasilkan,  dan hasil talas juga bisa diolah menjadikan berbagai makanan ringan yang tentunya itu akan menambah nilai ekonomis,"ungkapnya.

Sementara itu, usai kegiatan penanaman perdana talas beneng di lahan IPHPS itu, selanjutnya dilanjutkan dan di ikuti semua undangan melakukan kunjungan ke situs sejarah desa tlemang makam Ki Buyut Terik, sebagai sesepuh desa yang selalu dijaga oleh warga kesakralan area tersebut. jir

Editor : Moch Ilham

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru