Mbah Amien, Ngoceh Partainya Bakal tak Diloloskan KPU

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 13 Des 2022 21:10 WIB

Mbah Amien, Ngoceh Partainya Bakal tak Diloloskan KPU

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Tokoh politik yang sudah dipanggil Mbah Amien Rais (78 tahun), ngoceh di dalam video yang diunggah di instagramnya, Selasa (13/12).

Bapak dari lima anak dan beberapa cucu yang kini menjabat Majelis Ketua Majelis Syuro Partai Ummat ini mengklaim mendapat informasi terpercaya bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak akan meloloskan Partai Ummat dalam verifikasi peserta pemilu 2024.

Baca Juga: Hasyim Asy'ari Resmi Dipecat Sebagai Ketua KPU

Ia tahu, KPU akan mengumumkan hasil verifikasi itu 14 Desember. Amien menyebut Partai Ummat bakal menjadi satu-satunya partai baru dan nonparlemen yang tidak bisa ikut pemilu 2024.

"Kami mendapatkan informasi A1 yang valid bahwa pada tanggal 14 Desember 2022 nanti seluruh partai baru dan partai non parlemen akan diloloskan oleh KPU kecuali Partai Ummat," kata Amien.

 

Tanggapi Isu KPU Manipulasi

Amien juga menyinggung isu yang mencuat terkait dugaan KPU yang disinyalir melakukan manipulasi demi meloloskan partai-partai tertentu. Amien mengatakan KPU patut diduga disetir oleh 'kekuasaan'.

"Nampaknya atas perintah kekuasaan yang besar Partai Ummat satu satunya partai yang disingkirkan sehingga partai ummat tidak bisa mengikuti pemilu 2024," ujar dia.

Pihaknya menuntut agar seluruh hasil verifikasi yang sudah dilakukan KPU terhadap partai partai baru dan nonparlemen segera diaudit oleh tim independen.

Baca Juga: KPU Ketar-ketir

"Audit dibuka seluas luasnya kepada publik," ucapnya.

 

Dugaan Ada Intervensi

Mantan Ketua MPR ini juga  menuntut DKPP untuk segera memeriksa seluruh jajaran KPU pusat terkait adanya dugaan intervensi yang dilakukan kepada KPU provinsi dan daerah mengenai hasil verifikasi faktual.

Baca Juga: KPU Ngotot Pilkada Tetap Gunakan Sirekap

"Dan segera memberhentikan oknum oknum yang melakukan pelanggaran pernyataan ini kami buat demi menyelamatkan demokrasi yang sedang sekarat di negeri ini," tuturnya.

 

Reaksi KPU

Merespons Amien Rais, Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik, tak gusar. Mengingat saat ini pihaknya belum melakukan rekapitulasi nasional atas verifikasi faktual calon peserta pemilu. Rekapitulasi nasional itu baru akan dilakukan, Rabu (14/12) pukul 13.00 WIB. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU